Text
STRATEGI PEMBIASAAN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER RELEGIUS DI SMAN 1 GALIS PAMEKASAN
ABSTRAK
Fendi Irawan, 2018, Strategi Pembiasaan dalam Pendidikan Karakter Relegius di SMAN 1 Galis Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Edi Susanto, M.Fil.I
Kata kunci : Strategi Pembiasaan, Karakter Religius
Dalam strategi pembiasaan pendidikan karakter religius di SMAN 1 Galis Pamekasan menurut peneliti dapat merubah karakter siswa lebih religius. Para siswa terlihat santun dan sopan dalam berbagai hal. Banyak diantara siswa yang dijumpai peneliti memiliki sikap-sikap yang baik. Hal tersebut terlihat dari segi pakaian yang sangat rapi, selalu bersalaman dengan guru, berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan belajar mengajar, masuk kedalam kelas tanpa disuruh ketika bel tanda mulai pelajaran berbunyi. Selain itu, tutur kata siswa yang dijumpai peneliti juga sangat santun dan sopan.Masalah karakter merupakan salah satu problema yang selalu menjadi perhatian setiap bangsa, baik dalam sebuah Negara maju maupun Negara yang sedang berkembang.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana Strategi Pembiasaan Dalam Pendidikan Karakter Religius di SMAN 1 Galis Pamekasan; kedua,Apa Faktor Pendukung dan Penghambat Dalam Penerapan Pembiasaan Dalam Pendidikan Karakter Religiusdi SMAN 1 Galis Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti kepala sekolah, Guru, serta beberapa Siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Strategi pembiasaan pendidikan karakter religius di SMAN 1 Galis Pamekasan yang peneliti temukan bahwa strategi pembiasaan yang digunakan itu dengan menghidupkan kegiatan-kegiatan positif keagamaan, seperti sholat berjamaah, membaca surat-surat pendek Al-Qur’an dan surat Yasin sebelum pembelajaran, membaca doa sebelum dan sesudah pembelajaran, dan mencium tangan guru.Kedua,Faktor pendukung dalamstrategi pembiasaan pendidikan karakter religius di SMAN 1 Galis Pamekasansebagai berikut; (1) adanya kesamaan Aturan Sekolah, (2) adanya dukungan dari Guru dan Stakeholder, dan (3) adanya fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambat yaitu; (1) adanya perbedaan karakter siswa, (2) kurangnya perhatian dari orang tua siswa, dan (3) adanya respon negative masyarakat.
Tidak tersedia versi lain