Text
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI MORALITAS DI SDN POLAGAN 3 KECAMATAN GALIS KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Faroh Korina Riski, 2019, Implementasi Kurikulum 2013 dalam Penanaman Nilai-nilai Moralitas di SDN Polagan 3 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Madura, Dosen Pembimbing: Dr. H. Mohammad Hasan, M.Ag.
Kata Kunci: Kurikulum 2013, Nilai-nilai Moralitas.
Kurikulum adalah suatu perangkat rencana pembelajaran yang berbentuk tulisan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efisien dan efektif. Kurikulum sejak dulu sudah berganti beberapa kali. Namun pada tahun ini kurikulum yang diterpakan adalah kurikulum 2013. Kurikulum 2013 tugas guru lebih ringan karena siswa yang dituntut untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, sedangkan guru sebagai fasilitator. Penerapan Kurikulum 2013 ini juga memfokuskan pada pendidikan karakter. Dengan adanya kemajuan iptek karkater siswa semakin menurun, sehingga nilai-nilai moral pada siswa mulai menurun. Dengan adanya kurikulum 2013 ini Guru kelas dan Guru Pendidikan Agama Islam dituntut juga untuk menanamkan nilai-nilai moralitas kepada siswa agar menjadi menurus bangsa yanga baik.
Berdasarkan hasil tersebut, maka ada tiga fokus permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana langkah-langkah guru dalam penanaman nilai-nilai moralitas untuk pengaplikasian Kurikulum 2013 di SDN Polagan 3? Kedua, bagaimana metode guru dalam penanaman nilai-nilai moralitas dari pengaplikasian Kurikulum 2013 di SDN Polagan 3? Ketiga, bagaimana perkembangan moralitas siswa setelah menerapkan Kurikulum 2013 di SDN Polagan 3?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawnacara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru kelas I, dan guru PAI. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan dilakukan melalui perpanjangan kehadiran penliti, observasi yang terdalam, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, langkah-langkah guru dalam pengaplikasian Kurikulum 2013 yang telah dilaksanakan di SDN Polagan 3 yaitu: dari mata pelajaran di ganti muatan pelajaran, muatan pelajaran mengandung beberapa mata pelajaran yang di satukan dalam tema. Langkah-langkah pembelajaran sudah tertera di dalam buku pengangan guru. Kemudian di perjelas di RPP. Dan lebih di perjelas di dalam proses pembelajarannya. Langkah-langkah penanaman nilai-nilai moralitas siswa setelah menerapkan Kurikulum 2013 di SDN Polagan 3, yaitu: melaksanakan shalat dhuha dan shalat dhuhur secara berjemaah bagi guru dan siswa kelas IV sampai kelas VI. Menerapkan hafalan jus 30 dari kelas I sampai kelas IV. Serta mengadakan gerkan literasi atau membaca sebelum pelajaran di mulai. Kedua, metode yang digunakan guru kelas I di SDN Polagan 3 anatara lain: cooperatif, saintifik, cermah, permainan, tanya jawab, diskusi. Semua ini dilaksakan oleh guru untuk memudahkan siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Ketiga, perkembangan moralitas siswa kelas I setelah menerapkan Kurikulum 2013 di SDN Polagan 3, yaitu: kedisiplinan, yang mana siswa tanpa di suruh jam 06.45 sudah berada di mushalla untuk melakukan shalat dhuha berjemaah. Pembiasaan, dari kebiasaan membaca juz 30 siswa kelas I sudah mulai menghafal juz 30 walau tidak semua hafal namun siswa kelas I sudah mencicil hafalan juz 30. Perilaku santun, siswa kelas I untuk kegiatan bersih-bersih sudilakukan seacra bersama-sama. Dan saat berjumpa dengan guru-guru yang lain pada saat pulang siswa kelas I salaman dengan menggunakan dua tangan.
Tidak tersedia versi lain