Text
PENERAPAN INOVASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN RESPON BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 2 PADEMAWU PAMEKASAN
ABTRAK
Hosnol Fatimah, 2019, Penerapan Inovasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Respon Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Pademawu Pamekasan, skripsi, jurusan tarbiyah, program studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Madura, penbimbing: Dr. Edi Susanto, M.FiI.I
Kata kunci:penerapaninovasipembelajaran, respon, Pendidikan Agama Islam.
Tugas guru sebagaisuatuprofesimenuntutguru untukmengembangkanprofesionalitasdirisesuaiperkembanganilmupengetahuandanteknologi.Mendidik, mengajar, danmelatihanakdidiadalahtugas guru sebagaisuatuprofesi.Tugas guru sebagaipendidikberartimeneruskandanmengembangkannilai-nilaihidupkepadaanakdidik.Tugas guru sebagaipengajarberartimeneruskandanmengembangkanilmupengetahuandanteknologikepadaanakdidik.Tugas guru sebagaipelatihberartimengembangkanketerampilandanmenerapkannyadalamkehidupan demi masadepananakdidik. Dan jugadalam proses pembelajaran guru harusbisamenerapkanberbagaitekhnikpembelajaranuntukmeningkatkanresponbelajarsiswasehinggadenganadanyateknikpembelajaran yang dilakukanolehseorang guru siswamenjadisemangatbelajar. Denganadanyaterombosan-terombosanbarudalamduniapendidikanuntukmeningkatkanresponbelajarsiswa, SMPN 2 Pademawutelahmenggunakaninovasipembelajarandalam proses belajarmengajar. sehinggadenganpenerapaninovasipembelajaraninisiswamenjadibertambah respond an semangatdalammengikuti proses pembelajaran.
Ada tigapermasalahan yang menjadikajianpokokdalampenelitianini.Pertama, bagaimanapenerapaninovasipembelajaranuntukmeningkatkanresponbelajarsiswapadamatapelajaranPendidikan Agama Islam di SMPN 2 PademawuPamekasan.Kedua, faktor-faktorapasaja yang mendukungdanmenghambatpenerapaninovasipembelajaranuntukmeningkatkanresponbelajaransiswapadamatapelajaranPendidikan Agama Islam di SMPN 2 PademawuPamekasan. Ketiga, upayaapasaja yang dilakukanolehdalammenghadapikendalapenerapaninovasipembelajaranuntukmeningkatkanresponbelajarsiswapadamatapelajaranPendidikan Agama Islam di SMPN 2 PademawuPamekasan.
Pendekatan yang dilakukandalampenelitianadalahpendekatankualitatif, karenapenelitiinginmengetahuifenomena yang adadilapangandengansecaralangsung.Jenispenelitiannyaadalahdeskriptifanalisis.Sumber data diperolehmelaluiwawancara, observasi, dandokumentasi.Sedangkansumber data adalah guru PAI.SiswadanKepalaSekolahSMPN 2 PademawuPamekasan.Sedangkanpengecekankeabsahan data dilakukanmelaluiperpanjangankeikutsertaan, ketekunanpengamanan, triangulasi ,dananalisiskasus negative.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa 1)penerapaninovasipembelajaranuntukmeningkatkanresponbelajarsiswapadamataPelajaranPendidikan Agama Islam di SMPN 2 PademawuPamekasan.Sangatantusiasdanberjalandenganbaikbahkanmendapatkanresponpositifdarisiswa.banyaksiswa yang sukadansenangdenganadanyapenerapaninovasipembelajaranini. Denganadanyapenerapaninovasiiniresponbelajarsiswamenjadisemanagatdanlebihbaikdikarenakan guru dalammemberikantekhnikpembelajaraninovasiinikepadasiswadapatmengembangkanpolapikirsiswamenjadiberkembang.
2). Faktorpendukungnyaadalahsaranadanprasarana yang cukupbaik di SMPN PademawuPamekasan. Sedangkanmasalahfaktorpenghambatmemangadadalamsetiappenggunaantekhnikpembelajaran yang dilakukanoleh guru dalam proses pembelajaran. yangmenjadisalahsatupenghambatterhadappenerapaninovasipembelajaraniniadalahpolapikirsiswa yang masihanak-anak, dansifategois yang selalumunculketika proses belajarmengajarsedangberlangsung.
3) yangmenjadikendalautamadisiniadalahkarakterseorangsiswa yang berbeda-beda dab sifatkekanak-kanaansertasifatkeegoisansiswa.Untukmemperbaikinyaseorang guru PAI SMPN 2 PademawuPamekasanmempunyaiinisiatifsebisamungkindituntutuntukbisamemahamikarakteratausifatsiswa.Ketikaseorang guru memahamihaltersebut guru bisamengetahuisiswa yang mana yang lebihaktifketika guru menggunakanmetode yang berikan.Dan juga guru harusmemberikanmotivasiatauarahan yang mendorongsiswatersebutmenjadiaktifdalamperosesbelajaramengajar.
Saran-Saran yang dapatpenulissampaikanadalahsebagaiberikut:
1. Bagisiswa/murid, agar lebihbersemangatatauantusiasdalammengikutisetiapmatapelajaran yang sedangberlangsung di SMPN 2 Pademawu, agar semuamurid di SMPN 2 Pademawumenjadimanusia yang memilikipengetahuandankpribadian yang baik.
2. Bagi guru-guru SMPN 2 Pademawuhendaknyamemberikansuatucontoh yang baikbagimurid-muridnya. Dan jugaseorang guru harusmenggalipembaruan yang barudalam proses pembelajaransertasebagai motivator kepadamurid-muridnya.
3. Bagikepalasekolah SMPN 2 Pademawu, sebaiknyalebihproaktifdalammenumbuhkembangkansemangatbelajaranak. Dan jugalebihmemperketatterhadappengawasandilingkungansekolah agar anaktidaksalahdalammemilihlingkungan.Serta harusmemberikanmotivasikepadamurid.
4. BagipenelitiselanjutnyauntukmelakukanpenelitianataumelanjutkanpenelitiantentangpenerapaninovasipembelajaranuntukmeningkatkanresponbelajarsiswapadamatapelajaranPendidikan Agama Islam. Dalamtopik yang berbedadandilapangan yang berbeda
Tidak tersedia versi lain