Text
SISTEM PENGELOLAAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PAMEKASAN
Akhmad Syafi’i, 2018, “Sistem Pengelolaan Peserta Didik dalam PembentukanKarakterReligius di MAN 2 Pamekasan” Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, IAINMadura, Pembimbing: Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd
Kata Kunci : Sistem Pengelolaan, PembentukanKarakterReligius, Peserta Didik
Pengelolaan peserta didik dalam sebuah pendidikan itu sangat penting agar tumbuh suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter religious pada peserta didik yang ada di sekolah, yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai religius tersebut, baikterhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME). Selain itu juga bagi diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadimanusia insan kamil, Pengelolaan peserta didik bisa berjalan dengan lancar di madrasah apabila semua komponen dilibatkan, termasuk komponen pendidikan itu sendiri, yaitu isi kurikulum, proses pembelajaran dan penilaian, kualitas hubungan, penanganan atau pengelolaan mata pelajaran, pengelolaan sekolah, pelaksanaan aktivitas atau kegiatan kurikuler, pemberdayaan sarana prasarana, pembiayaan, dan etos kerja seluruh warga dan lingkungan sekolah.
Adapun masalah-masalah yang dikaji dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : yakni: Pertama, 1. Bagaimana upaya madrasah dalam pelaksanaan sistem pengelolaan peserta didik untuk meningkatkan karakter religius di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan. Kedua, Apa saja faktor-faktor penghambat pelaksanaan sistem pengelolaan peserta didik dalam meningkatkan karakter religius di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan datanyadiperoleh melalui wawancara, Observasidan dokumentasi di MAN 2 Pamekasan dengan mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada di lokasi penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwadari Pertama: Upaya madrasah dalam pelaksanaan sistem pengelolaan peserta didik untuk meningkatkan karakter religius di Madrasah Aliyah Negeri2 Pamekasanadalah dalam sistem pengelolaan peserta didik dalam meningkatkan karakter religius yaitu dengan cara melakukanpenanaman spiritualnya dengan cara siswa dibiasakan untuk bersikap sopan santun kepada guru pada saat guru pertama masuk kelas, membaca asmaul husna dan shlat dhuha berjamaah. KeduaFaktor-Faktor penghambat pelaksanaan sistem pengelolaan peserta didik dalam meningkatkan karakter religius di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan, pertama, Siswa yang memiliki karakter yang berdeda-beda sehingga mengakibatkan para guru kesusahan untuk membentuk karakter religius siswa secara optimal. Kedua keterlambatan guru dari jam kerja dengan sendirinya memberikan pengajaran yang negatif kepada siswa dengan hal itu adanya upaya dari madrasah dan juga kepala madrasah untuk mengatasi faktor tersebut denga beberapa proses mulai dari tata tertib siswa, sanksi dan juga pembinaan yaitu BK (Bimbingan Konseling)
Tidak tersedia versi lain