Text
ANALISIS EFEKTIVITAS BIAYA PENDIDIKAN DALAM PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DI SMK DARUL FALAH DESA KERTAGENA KECAMATAN KADUR KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Sofiyatun, 2018, Analisis Efektivitas Biaya Pendidikan Dalam Pengembangan Perpustakaan di SMK Darul Falah Desa Kertagena Tengah Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi MPI, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Dr. R. Agoes Kamaroellah, M. Si.
Kata Kunci: Efektivitas, Biaya Pendidikan, Pengembangan Perpustakaan
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rasa ingin tahu peneliti untuk mengkaji tentang analisis efektivitas biaya pendidikan dalam pengembangan perpustakaan. Berbicara tentang perpustakaan, tentunya perpustakaan ini sangat penting karena perpustakaan adalah jendela dunia dan merupakan salah satu sumber belajar dalam proses belajar mengajar. Dengan adanya perpustakaan, siswa, guru dan semua anggota sekolah dapat memperdalam dan memperluas pengetahuan mereka melalui membaca. Tujuan dari didirikannya perpustakaan sekolah tidak terlepas dari tujuan diselenggarakannya pendidikan sekolah secara keseluruhan, yaitu untuk memberikan bekal kemampuan dasar kepada siswa, serta mempersiapkan mereka untuk mengikuti pendidikan menengah. Untuk menjalankan perpustakaan tentunya membutuhkan biaya sehingga sekolah perlu menyusun anggaran sesuai dengan kebutuhan. Anggaran perpustakaan ini harus pasti. Namun, masih banyak perpustakaan yang belum memiliki anggaran yang pasti. Padahal anggaran yang tidak memadai dapat mengganggu terhadap aktivitas perpustakaan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: Pertama, bagaimana efektivitas biaya pendidikan dalam pengembangan perpustakaan; Kedua, faktor apa yang mendukung pengembangan dan kendala yang ditemukan dalam pengembangan perpustakaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Sekolah, petugas perpustakaan, dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama: biaya untuk pengembangan perpustakaan di SMK Darul Falah masih belum berjalan dengan maksimal (tidak efektif) sebab minimnya biaya perpustakaan yang dimiliki oleh sekolah. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya RKAS untuk yang tahun ini karena tidak diminta untuk membuat laporan oleh pemerintah, untuk penyusunan program kurang sesuai dengan kebutuhan karena sekolah diharuskan mengikuti juknis penggunaan yang ditentukan oleh pemerintah, dan untuk pembagian tugas, wewenang serta tanggung jawab masih jauh dari harapan sekolah. Kedua: hal yang mendukung dalam pengembangan perpustakaan yaitu adanya kemauan yang kuat dari sekolah, Kepala sekolah dan guru agar siswa bisa aktif dalam proses belajar mengajar. Untuk bisa aktif ini tentunya siswa harus memperdalam materi dengan memperbanyak membaca. Dengan demikian, peran perpustakaan ini sangat besar dalam rangka memperluas dan memperdalam ilmu pengetahuannya. Adapun kendala yang ditemukan yaitu, minimnya biaya yang dimiliki sekolah, rendahnya minat baca siswa SMK Darul Falah. Siswa jarang mengunjungi perpustakaan kecuali diminta oleh guru kelasnya, tidak adanya waktu yang cukup bagi siswa untuk membaca di ruang perpustakaan, dan petugas perpustakaan memiliki kesibukan-kesibukan tersendiri di luar jam pelajaran sekolah sehingga tidak ada yang menjaga perpustakaan.
Tidak tersedia versi lain