Text
PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI BPRS BHAKTI SUMEKAR CABANG KALIANGET
Maulina Dismawati, 2018, Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di BPRS Bhakti Sumenkar Cabang Kalianget., Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Sri Handayani, MM
Kata Kunci: Bauran Promosi, Keputusan Menjadi Nasabah
Dalam suatu lembaga, nasabah sangatlah penting. Dimana nasabah merupakan aset dalam suatu lembaga keuangan, salah satunya yaitu nasabah yang berlebihan dana akan menginvestasikan, untuk menarik minat masyarakat menjadi nasabah di lembaga keuangan, kita memerlukan beberapa strategi promosi yang sangat menarik diantaranya dengan menggunakan periklanan, pemasaran langsung dan lain sebagainya. Karena dengan menggunakan beberapa strategi tersebut masyarakat akan menyukai dan tertarik untuk menjadi nasabah.
Berdasarkan hal tersebut yang menjadi fokus dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung terhadap keputusan menjadi nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Kalianget.
Hasil penelitian dari fokus penelitian yaitu:pertamaHasil uji T untuk variabel periklanan (X1) diperoleh sebesar 2.195dengan taraf signifikan0,002 (lebih kecil dari taraf signifikan 0,05). Pada nilai Ttabel diketahui sebesar 1,968352 menunjukkan bahwa nilai variabel periklanan menunjukkan thitung>ttabel, artinya secara parsial mempunyai pengaruh terhadap keputusan nasabah. Kedua Hasil uji T untuk variable penjualan pribadi (X2) sebesar 2.993 dengan taraf signifikan 0,001 (lebih kecil dari taraf signifikan 0,05). Pada nilai Ttabel diketahui sebesar 1,968352 telah menunjukkan bahwa nilai variabel penjualan pribadi menunjukkan thitung>ttabel, artinya secara parsial mempunyai pengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah.KetigaVariabel promosi penjualan (X3) tidak dijabarkan, karena tidak berpengaruh dan tidak signifikan, sebab di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Kalianget tidak begitu menerapkan promosi penjualan yang meliputi mengarahkan konsumen kepada produk melalui event-event, memberikan hadiah pada konsumen, promosi mengajak secepatnya bertransaksi.KeempatHasil uji T untuk variable hubungan masyarakat (X4) sebesar 2.709dengan taraf signifikan 0,007 (lebih kecil dari taraf signifikan 0,05). pada nilai Ttabel diketahui sebesar 1,968352 telah menunjukkan bahwa nilai variabel hubungan masyarakat menunnjukkan thitung>ttabel, artinya secara parsial mempunyai pengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah. KelimaHasil uji T untuk variable pemasaran langsung (X5) sebesar 3.863 dengan taraf signifikan 0,005(lebih kecil dari taraf signifikan 0,05). pada nilai Ttabel diketahui sebesar 1,968352 telah menunjukkan bahwa nilai variabel pemasaran langsung menunnjukkan thitung>ttabel, artinya secara parsial mempunyai pengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah.
Berdasarkan pembahasan dari hasil penelitian yang telah diuraikan dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh bauran promositerhadap keputusan menjadi nasabahsebesar 66,8%. Sedangkan, sisanya (100% - 66,8% = 33,2%)dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diperhitungkan dalam analisis penelitian iniseperti variable lokasi, pelayanan, fasilitas, danproduk
Tidak tersedia versi lain