Text
PENERAPAN BAURAN PEMASARAN PRODUK MURABAHAH DI KSPP BMT NUANSA UMAT CABANG PRAGAAN SUMENEP
Ahmad Rifdi, 2017, Penerapan Bauran Pemasaran Produk Murabahahdi KSPP BMT Nuansa Umat Cabang Pragaan Sumenep. Skripsi, Program StudiPerbankanSyariah, JurusanEkonomidanBisnis Islam, Pembimbing : Dr. Agoes Kamaroellah, M.Si,
Kata Kunci : BMT Nuansa Umat, Pemasaran dan Murabahah.
Perbankan syariah merupakan salah satu perbankan yang kegiatannya didasarkan pada prinsip syariah, yang terbebas dari riba. Penulisan Tugas Akhir ini yaitu, untuk mengetahui prosedur pembiayaan Murabahah di BMT Nuansa Umat Cabang Pragaan Sumenep, Penerapan Bauran Pemasaran produk Murabahah di BMT Nuansa Umat, serta kendala dalam memasarkan pembiayaan Murabahah. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif dan deskriptif dimana dalam menganalisa data menggunakan penelitian data terlebih dahulu melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan, disusun, dikelompokkan berdasarkan teori agar diperoleh laporan yang baik.
Hasil dari penelitian tugas akhir ini yaitu, prosedur pengajuan pembiayaan di BMT Nuansa Umat tidak begitu rumit dan sudah sesuai dengan teori yang ada. Dalam memasarkan pembiayaan murabahahBMT Nuansa Umat menggunakan strategi promosi dengan menyebar brosur, serta kendala dalam memasarkan pembiayaan murabahah yaitu ada 2 faktor, yakni faktor internal dan eksternal, dimana faktor internalnya yaitu para marketing mikro belum begitu menguasai produk perbankan syariah dan faktor eksternal kurang pengetahuannya masyarakat mengenai produk perbankan syariah serta persaingan antar bank. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, penulis dapat menyimpulkan bahwa prosedur pengajuan pembiayaan murabahah di BMT Nuansa Umat Cabang Pragaan Sumenep sudah sesuai dengan teori yang ada, strategi dalam memasarkan produk pembiayaan murabahah belum begitu efektif karena unsur 4P 1S yang paling dominan adalah unsur promosi saja, hanya saja harus ditambah dengan memperkenalkan produk pembiayaan murabahah kepada masyarakat luas dengan menggunakan bahasa yang baik dan mudah dipahami agar masyarakat lebih paham mengenai produk Bank Syariah.
Pentingnya pemasaran dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat akan suatu produk atau jasa, pemasaran menjadi semakin penting dengan semakin meningkatnya pengetahuan masyarakat. Pemasaran juga bisa dilakukan dalam rangka menghadapi pesaing yang dari waktu ke waktu semakin meningkat. Para pesaing justru semakin gencar melakukan usaha pemasaran dalam rangka memasarkan produknya. Hambatan yang dihadapi BMT Nuansa Umat yaitu ada dua faktor, pertama yatu internal menyangkut bagian yang ada dalam lembaga tersebut seperti kurangnya SDM yang kompeten dalam marketing. Kedua eksternal yaitu yang menyangkut bagian dari luar lembaga seperti kurangnya pemahaman masyarakat terhadap perbankan syariah.
Tidak tersedia versi lain