Text
STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN INVESTASI EMAS (SIMVESMA) DI KSPPS BAITUL TAMWIL MUHAMMADIYAH (BTM) SANG SURYA PAMEKASAN
Vega Maulina, 2018, Strategi Pemasaran Produk Simpanan Tabungan Emas (SIMVESMA) di KSPPS Baitul Tamwil Muhammadiyah (BTM) Sang Surya pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi Dan Bisnis Islam, Pembimbing Dr. H. Nashar. SE., MM., M. Si.
Kata Kunci: Srategi Pemasaran, SIMVESMA,
BTM Sang Surya merupakan lembaga keuangan non perbankan yang dalam kegiatannya tidak jauh berbeda dengan kegiatan yang dilakukan bank pada umumnya yaitu menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat. Produk SIMVESMA (Simpanan Investasi Emas) merupakan produk terbaru di KSPPS BTM Sang Surya Pamekasan yaitu pada awal tahun 2018, dimana produk SIMVESMA (Simpanan Investasi Emas) menggunakan akad Wadi’ah dan Murabahah.
Ada tiga pokok permasalahan yang di ambil peneliti yaitu (1) Bagaimana strategi pemasaran pada produk SIMVESMA (Simpanan Investasi Emas) di KSPPS BTM Sang Surya Pamekasan; (2) Apakah strategi pemasaran pada produk SIMVESMA (Simpanan Investasi Emas) di KSSPS BTM Sang Surya Pamekasan sudah sesuai dengan etika islam. (3) Bagaimana cara mempertahankan loyalitas nasabah terhadap produk SIMVESMA (Simpanan Investasi Emas) di KSPPS BTM Sang Surya Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Informan dalam penelitian ini adalah ketua 1, karyawan bagian pemasaran, Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triagulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:pertama, strategi yang digunakan pada produk SIMVESMA (Simpanan Investasi Emas) di KSPPS BTM Sang Surya Pamekasan menggunakan strategi pemasaran seperti umumnya, yaitu seperti Personal Selling, iklan dan publisitas. kedua,strategi pemasaran yang digunakan di KSPPS BTM Sang Surya Pamekasan sudah sesuai dengan etika islam salah satunya yaitu sopan, jujur, ikhlas adan adil kepada semua nasabah, karyawan harus memberikan pelayanan yang baik, ramah dan transparan.ketiga, KSPPS BTM Sang Surya Pamekasan mempertahankan loyalitas nasabah dengan cara memprioritaskan kenyamanan para nasabah.
Tidak tersedia versi lain