Text
KOMPETENSI KERJA KEPALA MADRASAH DALAM PEMENUHAN SARANA DAN PRASARANA DI MADRASAH TSANAWIYAH AGUNG DAMAR PAKAMBAN PRAGAAN SUMENEP
Moh. Dzukiru, 2018, Kompetensi Kepala Madrasah dalam Pemenuhan Sarana dan Prasarana di Madrasah Tsanawiyah Agung Damar Pakamban Pragaan Sumenep, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Dr. H. Taufiqurrahman, M.Pd
Kata Kunci: Kompetensi Kepala Madrasah, Sarana dan Prasarana
Kompetensi adalah perpaduan dari pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak pada diri kepala madrasah. Kompetensi kepala madrasah mempunyai peran yang menentukan dalam pemenuhan sarana prasarana sekolah. Sedangkan sarana dan prasarana adalah peralatan yang digunakan dalam proses pembelajaran dan merupakan alat yang dapat membantu keberhasilan pendidikan, keberhasilan program pendidikan di sekolah sangat berkaitan dengan kelengkapan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah.
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana urgensi kompetensi kepala madrasah dalam pemenuhan sarana dan prasarana di Madrasah Tsanawiyah Agung Damar Pakamban Pragaan Sumenep? (2) Apa saja kompetensi dasar yang diperlukan kepala madrasah dalam pemenuhan sarana dan prasarana di Madrasah Tsanawiyah Agung Damar Pakamban Pragaan Sumenep? (3) Apa saja faktor-faktor pendukung dalam pemenuhan sarana dan Prasarana di Madrasah Tsanawiyah Agung Damar Pakamban Pragaan Sumenep?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk memastikan tentang urgensi kompetensi kepala madrasah dalam pemenuhan sarana dan prasarana di Madrasah Tsanawiyah Agung Damar Pakamban Pragaan Sumenep. (2) Untuk memetakan kompetensi dasar yang diperlukan oleh kepala sekolah dalam pemenuhan sarana dan prasarana di MadrasahTsanawiyah Agung Damar Pakamban Pragaan Sumenep. (3) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dalam pemenuhan sarana dan prasarana di Madrasah Tsanawiyah Agung Damar Pakamban Pragaan Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Urgensi kompetensi kepala madrasah mempunyai peran yang menentukan dalam pemenuhan sarana prasarana sekolah. (2) Penguasaan kompetensi kepala madrasah kurang maksimal dalam pemenuhan sarana dan prasarana. (3) Faktor pendukung ialah adanya sebuah kerja sama yang baik dari seluruh warga sekolah, sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya fasilitas yang tersedia yang dianggap kurang maksimal dan kurangnya pemahaman kepala madrasah terkait kompetensi yang harus dimiliki dalam pemenuhan sarana.
Tidak tersedia versi lain