Text
PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMPN 1 BATU MARMAR PAMEKASAN
ABSTRAK
Agus Purwanto, 2018, Pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) di SMPN 1 Batu Marmar Pamekasan, skripsi, program studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tratbiyh, Pembimbing Drs. H. Zainul Hasan, M.Ag.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Mata Pelajaran Pendidkan Agama Islam (PAI).
Ada tiga pokok permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: (1)Kriteriadalammenentukan media pembelajaranyang teapatpadamatapelajaranpendidikan agama islam? (2) Jenis media pembelajaran yang dapatdipakaidalammatapelajaranpendidikan agama islam? (3) Faktor-faktor yang mempengaruhipenggunaan media pembelajaran dalammatapelajaranpendidikan agama islam?.
Peneilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif, data yang diperoleh yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekutan peneliti, dan triangulasi.
Hasil penelitian dapat peneliti simpulkan pertama, Kriteria dalam memilih median pembelajaran bagi guru pendidikan agama islam di SMPN 1 Batu Marmar Pamekasan. sudah dilakukan dan dilaksanalan seoptimal mungkin. dalam artian, guru khususnya guru pendidikan agama islam hanya menggunakan media yang dikuasainya saja. Selain itu guru juga menyesuaikan dengan meteri dan metode yang dikuasasi oleh guru yang bersangkutan.Kedua, Jenis media pembelajaran yang dapat digunakan dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 1 Batu Marmar Pamekasan. Dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi dapat di simpulkan bahwa guru PAI tidak menentukan kriteria khusus dalam memilih media untuk di pakai dalam kegiatan belajar di kelas, hal ini disebabkan minimnya jenis media yang tersedia di sekolah ataupun di kelas, mungkin ini salah satu penyebab penggunaan media pembelajaran di SMPN 1 batu Marmar tidak maksimal. Karna guru hanya menggunakan jenis media itu-itu saja dalam berbagai jenis mata pelajaran dan metode yang digunakan didalamnya.Ketiga, Factor-faktor yang mempengaruhi penggunaan media pembelajaran dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 1 Batu Marmar Pamekasan. pendapat mengenai faktor yang mempengaruhi media pembelajaran, mulai dari lingkungan, kemampuan guru dan juga ketersediaan media. Menurut peneliti beberapa faktor tersebut memang menajdi faktor yang sangat berpengaruh, hal ini juga di perkuat dengan hasil observasi yang yang di lakukan oleh peneliti. Yang menghasilkan bahwa faktor yang paling berpengaruh adalah ketersedian alat dan kemampuan guru dalam menguasai media pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain