Text
PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN BERBASIS MANAJEMEN SEKOLAH DI MA TARBIYATUN NASYIIN 1 GRUJUGAN LARANGAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Moh.Habibullah, 2018, Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pendidikan Berbasis Manajemen Sekolah di MA Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan, Sikripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Hj. Mariatul Qibtiyah. M. Ag
Kata kunci: Implementasi Sarana dan Prasarana, Manajemen Sekolah
Terdapat empat fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini; Pertama, Bagaimana proses pengadaan sarana dan prasarana pendidikan berbasis manajemen sekolah di MA Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan?, Kedua, Bagaimana pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan berbasis manajemen sekolah di MA Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan?Ketiga, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari implementasi pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan berbasis manajemen sekolah di MA Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan?
Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan deskriptif. Prosedur pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data adalahKepalaSekolah, Waka Saranadan Prasarana, dan beberapa orang guru. Analisis data melalui pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan/pengamatan, ketekunan pengamatan, tringulasi peneliti, tringulasi teoritik. Penelitian ini berlangsung dari tanggal 9 Agustus 2018 sampai dengan 12Agustus 2018.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, cara menggunakan sarpras pendidikan berbasis manajemen sekolah di MA Tarbiyatun Nasyiin 1 adalah disana masih memiliki sarana dan prasarana yang kurang lengkap dan terbatas. Misalnya teleskop untuk pelajaran IPA masih ada satu, proyektor masih ada satu dan computer juga ada satu.Disana juga memiliki ruang perpustakaan yang refrensinya minim, akan tetapi hal tersebut tidak mempengaruhi siswanya untuk menghasilkan sebuah karya ilmiah. Selain itu di MA juga melakukan pembangunan gedung sekolah yang harus direncanakan terlebih dahulu.Dalam mengelola sarana dan prasarananya mengalami suatu kendala dari penggunaan proyektor yang belum mampu menggandakan sebanyak 3 kelas.Dan minimnya refrensi yang juga terbatas sehingga MA meminta bantuan kepada mahasiswa STAIN Pamekasan untuk membantu mencarikan refrensinya dan juga sambil lalu mencari di perpustakaan umum.Keduadalam pengelolaan darana dan prasarana pendidikan di MA Tarbiyatun Nasyiin adalah mengadakan rapat pihak-pihak terkait untuk memberikan masukan, ide-ide terhadap berbagai kebutuhan.Dalam pengelolaan sarana dan prasarana disini yang terlibat adalah guru dan tenaga kependidikan lalu siswa yang mengoperasikannya sebagai wadah untuk menunjang keberhasilan mereka dalam belajar. Ketiga, faktor pendukung dari implementasi sarana dan prasarana berbasis manajemen sekolah di MA Tarbiyatun Nasyiin 1 adalah sekolah mengupayakan sarana dan prasarana yang kurang dengan di dukung oleh kerjasama antara guru-guru, semua itu dilakukan untuk menunjang keberhasilan siswa dalam belajar.
Tidak tersedia versi lain