Text
PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KEGIATAN PEMBELAJARAN FIQIH DI MA. AL-KAUTSAR BLUMBUNGAN LARANGAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Fathor Rahman. 2018. Peran Guru Dalam Meningkatkan Efektifitas Kegiatan Pembelajaran Fiqih di MA. Al-Kautsar Blumbungan Larangan Pamekasan.Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam, (IAIN) Madura. Dosen Pembimbing: Mohammad Thoha, M.Pd.I.
Kata Kunci : Peran Guru, Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Fiqih.
Dalam proses belajar mengajar guru merupakan salah satu sumber pembalajaran siswa yang memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan jalanannya proses belajar rmengajar. Tugas guru sebagai suatu profesionalitas diri sesuai dengan perkembangan dan melatih anak didik adalah tugas guru sebagai profesi. Tugas guru sebagai pendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup kepada anak didik. Tugas guru sebagai pelatih berarti mengembangkan keterampilan dan menerapkannya dalam kehidupan demi masa depan anak didik.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, peran guru dalam meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran fiqih di MA. Al-Kautsar; kedua, faktor yang mempengaruhi peran guru dalam meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran fiqih di MA. Al-Kautsar.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran fiqih di MA. Al-Kautsar Blumbungan Larangan Pamekasan. Kedua, untuk mengetahu faktor yang mempengaruhi peran guru dalam meningkatakan efektivitas kegiatan pembelajaran fiqih di MA. Al-Kautsar Blumbungan Larangan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenominologi. Sumber data diperoleh melalui, Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Informennya seperti Kepala Sekolah, Guru mapel fiqih, dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui peningkatan ketekunan, trianggulasi, dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, peran guru dalam meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran fiqih, dapat dilihat dari guru sebagai pendidik di MA Al-Kautsar lebih menekankan kepada tugas dalam merencanakan dan melaksanakan pengajaran. Guru dalam tugas ini dituntut untuk memiliki seperangkat pengetahuan dan keterampilan teknis mengajar. kedua, faktor yang mempengaruhi peran guru dalam meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran fiqih di MA. Al-Kautsar. Dibedakan menjadi tiga yaitu: faktor internal faktor yang berasal dari dalam diri siswa, seperti keadaan jasmani dan rohani siswa, Faktor eksternal atau faktor dari luar diri siswa seperti kondisi lingkungan disekitar siswa, faktor pendekatan belajar, yakni jenis upaya belajar siswa yang meliputi strategi dan metode yang digunakan siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran materi-materi pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain