Text
EFEKTIVITASPERENCANAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM KESIAPAN GURU DI MTs NURUL ISLAM SEMAR RAGANG WARU PAMEKASAN
ABSTRAK
Mublihah, 2018. “Efektivitas Perencanaan Media Pembelajaran dalam Kesiapan Guru di MTs Nurul Islam Semar Ragang Waru Pamekasan”, Skripsi, Program Studi MPI, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Dr. Edi Susanto, M.Fil.I,
Kata Kunci: EfektivitasPerencanaan, Media Pembelajaran, Kesiapan Guru.
Perencanaanmerupakanfungsimanajemen yang pertamauntukmembuat program-prgramstrategissekolahdaammendayagunakanseuruhsumberdayapotensial, baikmanusiamaupunnonmanusiauntukmencapaitujuan. Agar perencanaanbisaberhasildenganbaik, perlumemerhatikan proses dalammebuatperencanaan. Perencanaanmemegangperananpentingdalamorganisasipendidikankarenaakanmenjadipenentusekaligusarahterhadaptujuan yang akandicapaiOleh karena itu, efektivitas adalah pemanfaatan sumber daya, sarana dan prasarana dalam jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah pekerjaan tepat pada waktunya.Misalnya, kemerosotan kualitas, penurunan prestasi, citra buruk, respon negatif dari masyarakat, kondisi labil, konflik yang tidak sehat, dan berbagai fenomena yang kontra produktif. Begitu juga dalam pembentukan karakter siswa, jika hal itu tidak diperhatikan oleh kepala madrasah maka akan berdampak buruk baik bagi lembaga maupun bagi siswa sendiri. Untuk itu, kepala madrasah sebagai pemimpin yang harus membawa kemajuan lembaga pendidikan harus memiliki karakter dan kriteria tertentu. Kepala sekolah harus mampu berperan aktif dalam melakukan berbagai upaya atau program-program yang mengarah kepada pembentukan karakter siswa. Media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pembelajaran.Media pembelajaran merupakan komponen sumber belajar yang mengandung materi instruksional di lingkungan siswa yang memotivasi siswa untuk belajar.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada empat permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, efektivitas perencanaan yang dilakukan dalam kesiapan guru di MTs Nurul Islam Semar Ragang Waru Pamekasan; kedua, perencanaan media pembelajaran dilakukana untuk kesiapan guru di MTs Nurul Islam Semar Ragang Waru Pamekasan; ketiga, media pembelajaran dilakukan untuk kesiapan guru di MTs Nurul Islam Semar Ragang Waru Pamekasan;
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala madrasah, guru dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan penekunan, triangulasi, dan analisis kasus negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama: perencanaan yang dilakukan kepala MTsNurul Islam Semar Ragang diawali dengan kegiatan EDS (evaluasi diri sekolah, RKM (rencana kerja menengah), dan RKT (rencana kerja tahunan) sehingga melalui hal tersebut terwujudlah berbagai program dan kesiapan guru. Kedua: upaya kepala sekolah dalam kesiapan guru di MTs Nurul Islam Semar Ragang meliputi pembiasaan setiap pagi siswa disambut oleh para guru dan kepala sekolah.
Tidak tersedia versi lain