Text
PENGARUH KEGIATAN KESISWAAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM MIFTAHUL ULUM KERTAGENA TENGAH KECAMATAN KADUR KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
AsriAti, 2018 “Pengaruh Kegiatan Kesiswaan Terhadap Motivasi Belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Miftahul Ulum Kertagena Tengah Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan”. Skripsi, Program Stud iManajemen Pendidikan Islam , Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negri Madura, Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M. Pd. I
Kata Kunci : Kegiatan Kesiswaan, Motivasi Belajar Siswa
Lembaga pendidikan adalah lembaga tempat dimana terdapat tenaga kependidikan yang meliputi kepala sekolah, guru dan siswa tanpa adanya komponen tersebut, lembaga pendidikan tidak akan berjalan dengan baik hal ini akan berpengaruh pada lembaga pendidikan tersebut. Oleh karena itu, seluruh komponen tersebut harus mampu bekerjasama dan memberikan layanan yang terbaik agar dapat menciptakan lembaga pendidikan yang memiliki keberhasilan dalam melayani siswa disuatu lembaga.
Terdapat dua rumusan masalah dalam penelitian ini , yang pertama adalah pengaruh kegiatan kesiswaan terhadap motivasi belajar siswa di sekolah menengah pertama islam miftahul ulum kartegenah tengah kecamatan kadur kabupaten pamekasan. Yang kedua seberapa besar pengaruh kegiatan kesiswaan terhadap motivasi belajar siswa di sekolah menengah pertama islam miftahul ulum kertegenah tengah kecamatan kadur kabupaten pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif , dengan teknik analisis Product Moment .Jenis data yakni data primer. Respondennya 43 siswa di Sekolah Menengah Pertama Miftahul Ulum Kertegenah Tengah Pamekasan. Isntrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini yaitu, kuesioner (angket) pembuktian hipotesis menggunakan uji tabel “r” Product Moment.
Berdasarkan hasil analisis data ada pengaruh kegiatan kesiswaan terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Miftahul Ulum Kertegenah Tengah, hal ini terbukti dari hasil “r” kerja di atas adalah sebesar 0,510, setelah dibandingkan dengan “r” tabel, maka “r” kerja lebih besar daripada “r” tabel baik pada taraf signifikansi 95 % = 0,301 dan taraf signikansi 99 % = 0,389.
Sedangkan Besarnya pengaruh kegiatan kesiswaan terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Miftahul Ulum Kertegenah Tengah, hal ini dibuktikan setelah “r” kerja , 0,510 dikonsultasikan dengan tabel interpretasi Product moment berada antara rentangan nilai 0.800 s/d 1.000 dengan interpretasi AGAK RENDAH.
Tidak tersedia versi lain