Text
PELAKSANAAN PENGAWASAN DALAM MENINGKATKAN PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA DI MTs UMMUL QURO PUTRI PLAKPAK KECAMATAN PEGANTENAN KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Nadiatus Sholeha, 2018, Pelaksanaan Pengawasan Dalam Meningkatkan Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Di Mts Ummul Quro Putri Plakpak Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi MPI, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Dr. Buna’i, S.Ag. M.Pd.
Katakunci : pengawasan, pemanfaatan, sarana dan prasarana
Penelitian ini di latar belakangi oleh dalam suatu lembaga pendidikan sangat memerlukan adanya pembaharuan secara terus menerus maka perlu pula dalam mengadakan controlling sebelumnya juga mempunyai strategi awal dalam melakukan pelaksanaan controlling tersebut. karena dengan adanya control dalam lembaga dalam meningkatkan kapasitas sarana dan prasarana dalam suatu lembaga yang seharusnya memang perlu diadakan pembaruan secara terus-menerus. Dalam penelitian ini, membahas bahwa pelaksanaan pengawasan dalam meningkatkan pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan adalah suatu kegiatan yang berusaha untuk mengendalikan agar pelaksanaan dapat berjalan sesuai dengan pemanfaatan sarana dan prasarana dalam proses pendidikan.
Berdasarkan pengertian diatas maka dalam penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian yaitu pertama, Bagaimana perencanaan pelaksanaan pengawasan sarana dan prasarana pendidikan di MTs Ummul Quro Putri Plakpak Pegantenan Pamekasan?. Kedua, Bagaimana pelaksanaan pengawasan dalam meningkatkan pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan di MTs Ummul Quro Putri Plakpak Pegantenan Pamekasan?. Ketiga, Bagaimana hasil pelaksanaan pengawasan dalam meningkatkan pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan di MTs Ummul Quro Putri Plakpak Pegantenan Pamekasan?. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan prosedur analisis statistik atau cara kuantifikasi lainnya.
Dalam penelitian ini peneliti menemukan beberapa temuan yang mana dapat diuraikan sebagai berikut: berdasarkan kondisi sarana dan prasarana yang dimiliki. perencanaan sarana dan prasarana program melalui serangkaian tahapan yaitu pengembangan literasi, rapat koordinasi sekolah, penetapan program sekolah, serta pengadaan kebutuhan sarana dan prasarna pendidikan untuk pelaksanaan program di Mts Ummul Quro putri Plakpak Pegantenan Pamekasan, pelaksana pengawasan yang bisa bertanggungjawab salah satunya adalah wali kelas, pengawas sendiri dari sarana dan prasarana tersebut, dan ketua pelaksana harian dalam pemanfaatannya. Pengawasan disini lebih berfokus pada pengawasan saat siswa berkunjung pada perpustakaan. hasil dari kegiataan Pelaksanaan Pengawasan dalam Meningkatkan Pemanfaatan Sarana dan Prasarana di MTs Ummul Quro Putri Plakpak Pagantenan Pamekasan yaitu dengan adanya sarana buku sebagai sumber belajar bagi siswa hasilnya dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan setelah membaca buku-buku yang sudah disediakan diperpustakaan. Selain itu kegiatan tersebut mengajarkan siswa untuk terbiasa membaca buku sebelum proses belajar dimulai.
Tidak tersedia versi lain