Text
PELAKSANAAN EVALUASI KINERJA GURU DI SMP MA’ARIF 2 PAMEKASAN
ABSTRAK
Nurul Nuafifa Agustin 2018. “Pelaksanaan Manajemen Evaluasi Kinerja Guru di SMP Ma’arif 2 Pamekasan”. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, IAIN Madura, Dosen Pembimbing: Dr.H. Taufiqurrahman, M.Pd.
Kata Kunci: Pelaksanaan Manajemen Evaluasi Kinerja Guru
Manajemen Evaluasi diawali dari suatu proses perencanaan yang menyediakan informasi untuk mengetahui sejauh mana kegiatan pembelajaran yang telah dicapai. Dalam Mengevaluasi, manajemen juga sangat penting untuk mengetahui proses perencanaan, pengoorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi dengan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Agar tujuan dan fungsi evaluasi dapat tercapai dengan baik dan sesuai dengan sasaran yang telah ditentukan maka evaluasi perlu dikelola dengan baik sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen.
Manajemen merupakan alat untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Manajemen juga merupakan ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu .Manajemen yang baik akan memudahkan terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat. Dengan manajemen, daya guna dan hasil guna unsur-unsur untuk manajemen akan dapat ditingkatkan. Adapun unsur-unsur manajemen itu terdiri dari : man, money, methode, machines materials, dan market disingkat 6M.
Berdasarkan hal tersebut yang menjadi pokok penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana pelaksanaan evaluasi kinerja guru di SMP Ma’arif 2 Pamekasan; kedua, bagaimana cara mengevaluasi guru di SMP Ma’arif 2 pamekasan; ketiga, apa saja metode yang digunakan kepala sekolah untuk mengevaluasi kinerja setiap guru diSMP Ma’arif 2 Pamekasan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif metode dalam penelitian ini adalah induktif yaitu kegiatan penelitian yang meliputi pengumpulan data dalam rangka menjawab pertanyan yang menyangkut keadaan pada waktu yang sedang berjalan dari pokok suatu penelitian. Pengumpulan datanya melalui wawancra, dan dokumentasi, teknik pengumpulan data ini dapat diperoleh dari sejumlah informan.
Untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi kinerja guru, peneliti datang ke lapangan untuk menemui kepala sekolah dan guru-guru mata pelajaran untuk melakukan wawancara dengan tujuan peneliti ingin mengetahui secara jelas tentang pelaksanaan manajemen evaluasi kinerja guru di SMP Ma’arif 2 Pamekasan.
Dalam melakukan evaluasi kinerja guru di SMP Ma’arif 2 Pamekasan menggunakan pendekatan analisis input-output yaitu karena dengan menggunakan pendekatan analisis input-output-proses kinerja sekolah dapat diukur dari kualitasnya, keefektivannya, inovasinya kualitas kehidupan kerjanya dan moral kerja.
Mengenai pengevaluasian kinerja guru yang dilaksanakan setiap semester di SMP Ma’arif 2 Pamekasan yaitu karena dapat mengetahui guru tersebut membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) iya apa tidak sehingga dari perencanaan pembelajaran, administrasi guru dituntut untuk terampil menyusun dan mendokuntasikan dengan baik. Mengenai metode-metode yang diterapkan untuk melakukan evaluasi kinerja guru di SMP Ma’arif 2 Pamekasan yang digunakan sebagai berikut: metode penilaian meliputi, metode ranking dan metode perbandingan, dan metode penilaian berdasarkan output metode ini lebih mengacu kepada hasil kerja guru.
Tidak tersedia versi lain