Text
PERANAN GURU NGAJI DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK (Di Dusun Kosaba Desa Tentenan Timur Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan)
ABSTRAK
Anisatus Sholihah, Peranan Guru Ngaji dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak, Skripsi Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah IAIN Madura, Pembimbing: Drs. H. Zainol Hasan M.A.Ag
Kata Kunci: Guru Ngaji, Kecerdasan Spiritual
Kurangnya penanaman pendidikan agama sejak dini sangat berpengaruh terhadap kepribadian anak ketika berinteraksi dengan orang lain. Kondisi dimana keluarga belum mampu mengimplementasikan pendekatan agama yang baik bagi anak merupakan bagian dari krisis spiritual yang menimpa anak ketika bersentuhan dengan dunia luar yang tidak sesuai dengan kehidupan mereka. Hal tersebut mengakibatnya kebanyakan orang tua di desa mempercayakan anaknya untuk mendapat bimbingan keagamaan dari guru ngaji di langgar atau musholla. Disinilah peran seorang guru ngaji sangatlah besar dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak. Peran guru ngaji bukan hanya sekedar mengajar baca tulis Al-Qur’an melainkan juga menjadi peletak dasar dari pengetahuan agama islam dan menjadi teladan bagi anak didiknya.
Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah peran guru ngaji dalam mengembangkan kecerdasan spiritual (SQ) anak di Dusun Kosaba Desa Tentenan timur Kecamatan Larangan Pamekasan. (2) Apa saja upaya yang harus dilakukan guru ngaji dalam mengembangkan kecerdasan spiritual (SQ) anak di Dusun Kosaba Desa Tentenan timur Kecamatan Larangan Pamekasan. (3) Apa saja hambatan yang dialami oleh guru ngaji dalam mengembangkan kecerdasan spiritual (SQ) anak di Dusun Kosaba Desa Tentenan timur Kecamatan Larangan Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru ngaji dan orang tua. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian diperoleh bahwa 1.) peranan guru ngaji dalam mengembangkan kecerdasan spiritual sangat penting yakni sebagai seorang pendidik di langgar atau mushola dalam hal baca Al-Quran, mendidik dan membina serta membimbing anak didiknya agar dapat memiliki keilmuan yang tinggi terutama mengenai akhlak dan etikanya dan menjadi suri teladan yang baik. 2.) Upaya yang dilakukan guru ngaji dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak didiknya dengan mengajari membaca Al-Quran dengan baik dan benar serta mengajarkan maknanya secara perlahan. Mengajarkan tata cara sholat, berdoa, berdzikir, cara berbicara, bertamu, berteman serta mengajarkan cara pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Mengajarkan maknanya salat dengan makna setiap gerakan dan bacaannya serta mengadakan kajian kitab.3.) Hambatan yang dialami guru ngaji dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak didiknya yakni tingkat kenakalan anak didik yang berbeda-beda karena faktor lingkungan, sarana dan prasarana, kondisi musholla yang kurang kondusif.
Tidak tersedia versi lain