Text
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWADI SMK SUMBER ANYAR LARANGAN TOKOLTLANAKAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Umar Frauk 2018, “Peran Guru Pendidikann Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di SMK Sumber Anyar larangan tokol Tlanakan Pamekasan”. Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura.
Pembimbing: Muhammad Jamaluddin M.Pd
Kata kunci: Metode, Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter.
Metode yang digunakan guru PAI dalam membentuk karakter siswa adalah sangat penting. Strategi guru tersebut sangat diperlukan ketika guru menyampaikan pelajaran saat kegiatan belajar mengajar berlangsung agar siswa mudah memahami, khususnya dalam menanamkan nilai-nilai karakter sesuai dengan Al-Quran dan Hadits. Melalui nilai karakter yang diterapkan oleh seorang guru tersebut, diharapkan siswa mampu menjadi manusia yang lebih baik dan menjadi generasi penerus bangsa yang dibanggakan. Banyak siswa sekarang ini yang sudah kehilangan moralnya, mulai dari melawan orang tua, guru di sekolah, dan juga merokok dan lain sebaginya. Maka dari itu, utamanya bagi guru PAI sangat dibutuhkan untuk membentuk karakter siswa kearah yang lebih baik lagi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah dan metodeyang digunakan guru PAI dalam membentuk karakter siswa, dan untuk mengetahui apa saja faktor penghambat bagi guru PAI dalam membentuk karakter siswa di SMK Sumber Anyar Larangan Tokol Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif, karena penelitian ini berangkat dari suatu kerangka teori, gagasan-gagasan, dan pengalaman peneliti. Dan untuk mendukung pembahasan-pembahasan berdasarkan fakta di lapangan, maka peneliti menyertakan dokumentasi sebagai pelengkap. Selanjutnya dilakukan wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam pembentukan karakter siswa di SMK Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan, guru memiliki peran untuk mengubah karakter siswa. Dan juga, dalam penelitian ini, peneliti juga mengalami beberapa faktor penghambat dalam membentuk karakter siswa.
Dari hasil diatas, disarankan kepada guru, utamanya guru PAI untuk berupaya memahami tentang akhlak yang baik dan benar serta terarah, sehingga dalam membentuk karakter siswa dapat diterima dengan baik, karena akhlak/karakter dapat berpengaruh terhadap prestasi siswa dalam mata pelajaran khususnya Pendidikan Agama Islam.
Tidak tersedia versi lain