Text
DEGRADASI MORAL SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUL ULUM II BUJUR TENGAH BATU MARMAR PAMEKASAN
ABSTRAK
Sumartini 2018 Degradasi Moral Siswa Di madrasah aliyah darululum II bujur tengah Batu marmar pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Universitas Islam Madura Pamekasan, Pembimbing Bapak Dr. Edi Susanto, M.Fil.I
Kata Kunci: Degradasi, Moral
Moral merupakan aturan yang berlandaskan pada apa yang baik dan seharusnya menurut ajaran agama, filsafat atau nilai kebudayaan. Masa remaja adalah masa dimana anak sangat membutuhkan bimbingan dan control yang begitu besar dan maksimal,khususnya bagi remaja yang sedang duduk di bangku Madrasah Aliyah. Maka dari itu, dengan adanya moral dapat menghasilkan para generasi muda yang berakhlak dan berbudi pekerti yang baik.
Penelitian ini difokuskan pada dua permasalahan yang menjadi pelajaran pokok dalam penelitian ini. Pertama, Faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya degradasi Moral Akhlak siswa di MA Darul Ulum II Bujur Tengah Batu Marmar Pamekasan? Kedua,Bagai mana cara mengatasi siswa yang terjadi degradasi moral di MA Darul Ulum II Bujur Tengah Batu Marmar Pamekasan ?
Dalam penelitian ini lokasi yang diambil adalah MA Darul Ulum II Bujur Tengah Batu Marmar Pamekasan. Dengan pendekatan penelitian kualitatif, data yang diperoleh melalui wawancara,pengamatan, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis kualitatif deksriptif, kemudian seluruh data dapat dicek keabsahannya dengan menggunakan proses triangulasi yang menggunakan sumber lain seperti metode,penyidik dan teori.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil temuan dilapangan sebagai berikut: Pertama : faktor penyebab degradasi moral siswa di MA Darul Ulum II Bujur Tengah Batu Marmar Pamekasan disebabkan oleh adanya pengaruh-pengaruh teman sebaya, IPTEK, tingkah laku guru, dan lingkungan keluarga. Kedua, untuk mengatasi degradasi moral akhlak siswa yaitu dengan memberikan hukuman-hukuman yang mendidik, seperti membaca surat yasin,olah raga. Kedua, juga dengan adanya bimbingan-bimbingan khusus baik dari guru TU, program rutinitas sekolah yang dilaksanakan 1 kali dalam triwulan dan kerjasama wali murid dengan pihak sekolah dalam memberikan pendidikan dan mengawasi anak-anak mereka tersebut demi kebaikan bersama.
Berdasarkan temuan penelitian ini, peneliti berpendapat bahwa di MA Darul Ulum II Bujur Tengah Batu Marmar Pamekasan. Terkait dengan faktor penyebab degradasi moral akhalak siswa cukup minim. Hanya sebagian siswa. Kerana kondisi pesantren juga bisa mendominasi keadaan teman-temannya yang bertingkahlaku kurang baik dengan cara saling menasehati. Namun lembaga tidak lengah dalam mengatasinya. Terbukti dengan banyaknya upaya yang bisa meminimalisisr keterpurukan moral akhlak siswa misalnya dengan adanya teguran dari guru, sangsi yang bisa mendidik mereka di musyawarahkan antar ketua yayasan, kepala sekolah, guru dan murid yang bersangkutan.
PROFIL
Sumartini, Lahir di Pamekasan Pada hari Rabu, 13
September 1995 di lingkungan keluarga sederhana dan terbatas dalam ekonomi , karna ayah saya ingin mewujudkan cita-cita saya
yang ingin menjadi guru maka beliau bekerja keras dan banting
tulang dami anaknya. Tepatnya di desa Lompenay Taro’an
Pamekasan, sebagai putri Ketiga dari Pasangan kekasih tercinta yaitu Sa’iril dengan Sumrati. Sekolah dasar di SDN Taro’an 1 ditamatkan tahun 2008, terus melanjutkan di Madrasah Ibtidaiyah MTS Miftahul Qulub desa Taro’an tamat pada tahun 2011 dan meneruskan ke sekolah Madrasah Aliyah MA Al- Falah di desa Branta Tinggi sambil mondok selama 7 tahun tepatnya tamat pada tahun 2014. Dan meneruskan Sarjana S1 dalam pedidikan Agama Islam dan di peroleh dari Sekolah Institut Agama Islam Negeri Madura ( IAIN) Pamekasan dan Tamat pada tahun 2018, dan sejak itu penulis bergabung di lembaga MI Nurul Ulum II sebagai tenaga pengajar dengan tugas pokok mata pelajaran FIQIH.
Tidak tersedia versi lain