Text
PENGARUH MOTIVASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN IBADAH SHALAT KELAS XI DI SMAN 2 PAMEKASAN
ABSTRAK
Nanik, Herlina, 2018. Pengaruh Motivasi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pelaksanaan Ibadah Shalat Kelas XI Di SMAN 2 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Drs. H. Zainol Hasan, M. Ag.
Kata Kunci : Motivasi Guru Agama, Ibadah Shalat
Adapun dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama tentang ada tidaknya Pengaruh Motivasi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pelaksanaan Ibadah Shalat Kelas XI Di SMAN 2 Pamekasan. Kedua, seberapa besar Pengaruh Motivasi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pelaksanaan Ibadah Shalat Kelas XI Di SMAN 2 Pamekasan.
Populasi penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) 2 Pamekasan kelas XI sebanyak 220 siswa. Jumlah sampel yang diteliti 15% dari populasi yang ada (33 siswa), dengan menggunakan tekhnik proporsinal random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Pengumpulan data berlangsung selama satu bulan. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan tekhnik product moment.
Berdasarkan hipotesis yang diajukan dan dikaitkan dengan data empiris yang telah diuji kebenarannya melalui metode statistik, maka diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama ada pengaruh motivasi guru pendidikan agama Islam terhadap pelaksanaan ibadah shalat kelas XI di SMAN 2 pamekasan dengan taraf signifikansi 95% = 0,344 dan taraf signifikansi 99% = 0,442 ternyata “r” kerja (0,629), lebih besar dari pada nilai harga baik pada tingkat signifikansi 95% dan 99%. Dengan demikian maka hipotesis kerja yang menyatakan bahwa “ada Pengaruh Motivasi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pelaksanaan Ibadah Shalat kelas XI di SMAN 2 Pamekasan “diterima”. Kedua, Pengaruh motivasi guru pendidikan agama Islam terhadap pelaksanaan ibadah shalat siswa cukup signifikan, hal ini dapat dibuktikan dengan analisis data angket yang menunjukkan nilai r kerja sebesar 0,629 pada tabel interpretasi nilai r yang menunjukkan pada rentangan angka 0,600 sampai dengan 0,800 dengan interpretasi “cukup”. Dengan demikian maka hipotesis kerja yang menyatakan bahwa “ada Pengaruh Motivasi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pelaksanaan Ibadah Shalat kelas XI di SMAN 2 Pamekasan “diterima”.
Tidak tersedia versi lain