Text
PENANAMAN AKHLAKUL KARIMAH TERHADAP ANAK DIDIK DI RAUDLATUL ATHFAL AL-MUJTAMA' PLAKPAK PEGANTENAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Hasibah Mukhlis, 2017. Penanaman Akhlakul Karimah Terhadap Anak Didik di Raudlatul Athfal Al-Mujtama’ Plakpak Pegantenan Pamekasan. Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Muhammad Jamaluddin, M.Pd
Kata kunci: Penanaman, Akhlakul Karimah
Penanaman merupakan proses yang dilakukan oleh guru kepada siswanya untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan berakhlakul karimah. Pendidikan anak itu dipengaruhi oleh lingkungan yang berkaitan dengan keluarga, akan menjadi apa atau siapa kedepannya terletak pada lingkungan membawanya, lingkungan nyaris selalu memodifikasi dengan potensi bawaan dan itu berlangsung sepanjang perkembangan anak. Sejak usia dini, anak telah melihat dan mempelajari hal-hal yang berada di luar diri mereka. Mereka telah melihat dan mengikuti apa-apa yang dikerjakan dan diajarkan orang dewasa dan orang tua mereka tentang sesuatu yang berhubungan dengan kemaslahatan agama. Ketaatan kepada ajaran agama merupakan kebiasaan yang menjadi milik mereka yang mereka pelajari dari para orang tua maupun guru mereka.
Ada 3 fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini meliputi: (1 Bagaimana penanaman akhlakul karimah terhadap anak didik di Raudlatul Athfal (RA) Al-Mujtama’ Plakpak Pegantenan Pamekasan?, (2) Bagaimana metode guru dalam penanaman akhlakul karimah terhadap anak didik di Raudlatul Athfal (RA) Al-Mujtama’ Plakpak Pegantenan Pamekasan?, (3) Apa saja kendala-kendala penanaman akhlakul karimah terhadap anak didik di Raudlatul Athfal (RA) Al-Mujtama’ Plakpak Pegantenan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data adalah kepala RA, guru. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah mendeskripsikan, sedangkan analisis keabsahan data melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Penanaman akhlakul karimah terhadap anak didik di Raudlatul Athfal (RA) Al-Mujtama’ Plakpak Pegantenan Pamekasan dengan menampilkan contoh yang baik didepan para anak-anak seperti mengucapkan salam jika bertemu dengan guru, berjabat tangan, menghormati yang lebih tua, membersihkan lingkungan sekolah, dan berdoa disetiap melakukan pekejaanya dan lain sebagainya. Cara itu sangat efektif dalam menanamkan perilaku yang baik kepada anak sebab anak pada usia 4-6 tahun itu masih dalam tahap pengenalan, menirukan lingkungan disekitarnya termasuk gerak gerik para guru. Dengan menirukan apa yang mereka alami dan dilihatnya dapat membekas dalam diri anak sehingga anak-anak dengan sepontan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari baik disekolah ketika bertemu dengan temannya maupun dirumahnya ketika bersama orang tuanya, (2) Metode guru dalam penanaman akhlakul karimah terhadap anak didik di Raudlatul Athfal (RA) Al-Mujtama’ Plakpak Pegantenan Pamekasan disesuaikan dengan materi dan media belajar yang akan digunakan sehingga materi yang diberikan kepada anak menjadi lebih tepat, disamping itu alokasi waktu dapat terpakai secara efisien dengan baik., dan (3) Kendala-kendala penanaman akhlakul karimah terhadap anak didik di Raudlatul Athfal (RA) Al-Mujtama’ Plakpak Pegantenan Pamekasan yaitu; 1) minimnya fasilitas sekolah seperti proyektor, televisi, dan alat peraga lainnya, hal tersebut dapat menjadi problem guru ketika mau memberikan materi. 2) kurangnya minat belajar disebabkan perbedaan kemampuan dan latar belakang lingkungan keagamaan anak tentunya ini dapat mengurangi efektivitas proses pembelajaran di sekolah khususnya materi akhlakul karimah, dan 3) kurangnya perhatian dan motivasi orang tua dalam belajar anak.
Tidak tersedia versi lain