Text
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBENTUK KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MA AT-TAUFIQIYAH AENG BAJA RAJA BLUTO SUMENEP
ABSTRAK
Huliyatul Fitriyah , 2018, Implementasi Pendidikan Islam dalam membentuk kecerdasan Spiritual Siswa di MA At-Taufiqiyah Aeng Baja Raja Bluto Sumenep. Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah Pembimbing: Drs. H. Saiful Arif, M.Pd.
Kata kunci: Pendidikan Islam, Kecerdasan Spiritual
Pendidikan Islam merupakan suatu wadah untuk membentuk kesadaran diri dan kepribadian manusia.Pendidikan Islam juga berperan penting dalam menentukan perwujudan manusia yang beradab. Sedangkan kecerdasan spiritual
merupakan kecerdasan untuk menghadapi dan memecahkan persoalan makna dan nilai yakni kecerdasan untuk menempatkan prilaku dan hidup dalam konteks makna yang lebih luas dan kaya.
Berdasarkan hal tersebut maka Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu Pertama, Bagaimana proses Implementasi Pendidikan Islam dalam membentuk Kecerdasan Spiritual siswa di MA AT-TaufiqiyahAeng Baja Raja BlutoSumenep. Kedua, Bagaimana faktor pendukung dalam implementasi pendidikan islam dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa di MA AT-TaufiqiyahAeng Baja Raja BlutoSumenep. Ketiga, Apa saja faktor penghambat dalam implementasi pendidikan islam dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa di MA AT-TaufiqiyahAeng Baja Raja BlutoSumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis inkuiri naturalistik. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran fiqih dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini dapat peneliti simpulkan bahwa: Pertama, Proses implementasi pendidikan islam dalam membentuk kecerdasan spiritual Untuk langkah-langkah membentuk kecerdasan spiritual menurut kepala sekolah: 1) Dengan memilih kurikulum yang tepat, 2) Seorang pendidik yang berkualitas, 3) Menciptakan suasana lingkungan yang baik dengan berbasis pesantren. Untuk langkah-langkah Implementasi pendidikan islam dalam membentuk kecerdasan spiritual menurut guru: 1) Dengan memberikan bimbingan kepada siswa, 2) Dengan memberi arahan, 3) Dengan memberikan binaan-binaan yang bersifat kurikuler.
Kedua, Faktor pendukung dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa di MA At-Taufiqiyah Aeng Baja Raja Bluto Sumenep adalah :1)Terjalinnya suatu hubungan yang baik antara guru PAI dengan guru-guru umum yang beragama Islam, 2)Adanya sarana dan prasarana yang memadai, dan 3)Peserta didik sendiri sangat merespon dengan baik. Bahkan kecerdasan spiritual ini sangat penting untuk diketahui para guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan diri menjadi pendidik yang profesional.
Ketiga, Faktor yang menjadi penghambat dalam implementasi pendidikan islam dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa di MA At-Taufiqiyah Aeng Baja Raja Bluto Sumenep adalah adalah 1) Keadaan peserta didik yang heterogen yang berasal dari lingkungan yang berbeda-beda, dan 2) Juga adanya perbedaan background pada diri siswa. Dan 3) Siswa cenderung ketergantungan kepada ilmu tekhnologi terutama sosial media yang tidak bisa mengontrol kecerdasan spiritualnya atau bahkan meninggalkan apa yang menjadi kewajibannya.
Tidak tersedia versi lain