Text
STRATEGI PROMOTION MIX DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PEMBIAYAAN TABAROK DI PT. BPRS SARANA PRIMA MANDIRI PAMEKASAN
ABSTRAK
Nanik Syafiyah, 2018 ‘’Strategi Promotion Mix dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pembiayaan Tabarok di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan’’. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing Dr. Sri Handayani, MM.
Kata Kunci : Pembiayaan Tabarok (Tanpa Agunan dan Barokah), Promotion Mix.
Sebagai salah satu Bank Syariah yang ada di Indonesia, PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan meluncurkan produk unggulannya yaitu produk pembiayaan Tabarok (Tanpa Agunan dan Barokah) yang khusus untuk pengusaha retail (Perancangan, penjual sayur dll). Produk pembiayaan Tabarok ini merupakan pembiayaan yang dapat membantu calon nasabahnya dalam keuangannya karena pembiayaan Tabarok ini sangat cepat, mudah, dan barokah. Produk pembiayaan Tabarok PT. BPRS Sarana Prima Mandiri ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para calon nasabahnya dengan prinsip bagi hasil. PT. BpRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan menerapkan strategi promotion mix. Promotion mix merupakan suatu cara dari perusahan untuk memperkenalkan suatu produknya kepada masyarakat/nasabah dengan adanya strategi promotion mix ini dapat menarik minat calon nasabah untuk menggunakan produk pembiayaan Tabarok. Selain itu tujuan ndari strategi promotion mix ini dapat meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan Tabarok. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui cara PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan untuk menerapkan strategi promotion mix dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan Tabarok.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasikan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi promotion mix yang dilakukan PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan pada pembiayaan Tabarok adalah melalui 4 komponen yaitu Advertising (Periklanan), Sales Promotion (Promosi Penjualan), Personal Selling (Penjualan Pribadi), dan Publicity (Publisitas). Tetapi yang sering digunakan yaitu personal selling (Penjualan Pribadi) dan Advertising (Periklanan), yang mana personal selling seorang marketer bertatap muka langsung dan menjelaskan informasi kepada calon nasabah. Dalam periklanan dilakukan dengan menyampaikan informasi produk melaui media massa dan media cetak seperti brosur sehingga dengan sarana promosi ini dapat menarik minat nasabah untuk menggunakan produk pembiayaan Tabarok dilihat dari meningkatnya nasabah yang menggunakan produk pembiayaan Tabarok di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan
Tidak tersedia versi lain