Text
PENGARUH PERUBAHAN TARIF LAYANAN TRANSAKSI ATM (ANJUNGAN TUNAI MANDIRI) PADA TABUNGAN FAEDAH BRISYARIAH IB TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BRI SYARIAH KANTAR CABANG PEMBANTU PAMEKASAN
ABSTRAK
Nur Azizah 2017, Pengaruh Perubahan Tarif Layanan Transaksi ATM (Anjungan Tunai Mandiri) pada Tabungan Faedah BRISyariah iB terhadap Kepuasan Nasabah di BRISyariah KCP Pamekasan. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Sekolan Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Fatati Nuryana, M.Si.
Kata kunci : Tarif, ATM, Kepuasan Nasabah
Perkembangan bank syariah yang mengalami kemajuan pesat, membuat persaingan bank syariah di Indonesia semakin tajam, baik pada level inovasi produk, level harga, maupun level pelayanan. Sehingga bank syariah lebih inovatif dalam mengembangkan produk yang berkualitas dengan harga yang bersaing serta memberikan kualitas pelayanan yang baik, guna untuk menciptakan nilai kepuasan nasabah yang maksimal. Bank BRISyariah merupakan salah satu bank di Indonesia yang melakukan inovasi terhadap produknya yaitu pada produk Tabungan Faedah BRISyariah iB.
Tabungan Faedah BRISyariah iB memberikan pelayanan yang murah dan mudah dengan sistem electronic banking, yaitu dengan cara menggratiskan segala macam transaksi, mulai dari tarik tunai, transfer hingga pembayaran pajak dan zakat di jaringan ATM BRISyariah, ATM Bank BRI, ATM Prima dan ATM Bersama. Namun semenjak tanggal 6 Mei 2015 terjadi perubahan terhadap tarif layanan transaksi ATM, dimana bank BRISyariah hanya menggratiskan transaksi yang dilakukan di jaringan ATM BRISyariah. Penelitian ini mempunyai tujuan, 1) untuk mengetahui apakah perubahan tarif layanan transaksi ATM (Anjungan Tunai Mandiri) pada Tabungan Faedah BRISyariah iB berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di BRISyariah KCP Pamekasan. 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perubahan tarif layanan transaksi ATM (Anjungan Tunai Mandiri) pada Tabungan Faedah BRISyariah iB terhadap kepuasan nasabah di BRISyariah KCP Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana, sedangkan jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian korelasional dan alat yang digunakan dalam melakukan analisis data yaitu SPSS versi 18. Sumber data diperoleh melalui kuesioner yang diberikan kepada nasabah Tabungan Faedah BRISyariah iB di BRISyariah KCP pamekasan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, perubahan tarif layanan transaksi ATM memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah di BRISyariah KCP Pamekasan. Hal ini dibuktikan dengan model persamaan regresi yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu Y = 20,206 − 0,309X dan nilai thitung 2,967 > ttabel 1,68288 dengan taraf signifikan 0,005 dibawah 0,05. Melihat hasil koefisen determinasi (R2) pada kolom besarnya R Square adalah 0,180 atau 18% artinya bahwa besarnya pengaruh Perubahan Tarif Layanan Transaksi ATM terhadap Kepuasan Nasabah di BRISyariah KCP Pamekasan adalah sebesar 18% sedangkan sisanya 82% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diperhitungkan dalam penelitian ini seperti kualitas layanan dan kualitas produk.
Tidak tersedia versi lain