Text
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERJEMAH Al-QUR’AN KE DALAM BAHASA INDONESIA DI SMP PLUS NURUL HIKMAH PAMEKASAN
ABSTRAK
Anas, 2018, Pelaksanaan Pembelajaran Terjemah Al-Qur’an Ke dalam Bahasa Indonesia Di Smp Plus Nurul Hikmah Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag
Kata Kunci : Pembelajaran, Terjemah Al-qur’an Ke dalam Bahasa Indonesia
Al-Qur’an adalah kalam Allah yang tiada tandingannya, diturunkan kepada nabi Muhammad saw. dengan perantaraan Malaikat Jibril ‘alaihissalam, membaca dan mempelajarinya merupakan suatu ibadah. Menerjemahkan Al-qur’an sangatlah urgen karena tidak semua umat islam dapat menguasai bahasa Al-qur’an, padahal mereka harus membaca, mempelajari, memahami, serta mengamalkan semua isinya. Jadi, terjemahan merupakan sarana penyampaian isi kandungan Al-qur’an kepada umat manusia, baik muslim maupun non muslim.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana pelaksanaan pembelajaran terjemah Al-Qur’an kedalam Bahasa Indonesia di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan; kedua, apa saja kendala dalam pelaksanaan pembelajaran terjemah Al-Qur’an kedalam Bahasa Indonesia di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan; ketiga, apa saja solusi dengan adanya kendala dalam pelaksanaan pembelajaran terjemah Al-Qur’an kedalam Bahasa Indonesia di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan.
Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru tarjim, dan para santri. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan atau perpanjangan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pelaksanaan pembelajaran terjemah Al-Qur’an kedalam Bahasa Indonesia di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan yaitu berawal dari menterjemahkan perkata. Pada tahun 2010 bulan Januari lembaga melakukan kerja sama dengan tim taquma sehingga bisa mempermudah pemahaman anak-anak terhadap pembelajaran tarjim. Dalam pelaksanaan pembelajaran terjemah Al-qur’an telah menggunakan media berupa LCD, kartu atau buku dari tim taquma, Al-qur’an terjemah yang banyak beredar, serta kartu tes untuk para santri.
Kedua, kendala dalam pelaksanaan pembelajaran terjemah Al-Qur’an kedalam Bahasa Indonesia di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan adalah latar belakang lulusan santri yang berbeda, tingkat IQ yang juga berbeda, serta ada beberapa santri yang terlambat menyetorkan hafalan. Ketiga, solusi dengan adanya kendala dalam pelaksanaan pembelajaran terjemah Al-Qur’an kedalam Bahasa Indonesia di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan yaitu adanya bimbingan secara terus menerus sehingga mereka bisa terbiasa dengan pelafalan Al-qur’an itu, mengurangi hafalan bagi santri yang IQ nya rendah atau low, menyiapkan tes untuk santri yang terlambat menyetorkan hafalan.
Tidak tersedia versi lain