Text
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPI AL-AZIZ DESA AENG DAKE KECAMATAN BLUTO KABUPATEN SUMENEP
ABSTRAK
M. Hidayatul Habiby, 2018,Efektivitas Penggunaan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMPI Al-Aziz Desa Aeng Dake Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep,Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing : Dr. Mohammad Thoha, M. Pd. I
Kata kunci:Efektivitas, Metode Diskusi, Prestasi Belajar.
Sebagian besar keberhasilan pendidikan tergantung pada faktor metode pendidikan yang digunakan dan proses belajaran mengajar tidak akan berhasil apabila metode yang dipakai tidak mempunyai daya tarik terhadap siswa. oleh karena itu, guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam dituntut mempunyai kemampuan dan penguasaan yang baik dalam faktor penggunaan metode pendidikan agar guru Pendidikan Agama Islam dapat mendidik siswa yang berkompeten.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana gambaran penggunaan metode diskusi pada mata pelajaran PAI; Kedua, bagaimana gambaran efektivitas penggunaan metode diskusi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI; Ketiga, apa kelebihan dan kekurangan metode diskusi pada mata pelajaran PAI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. sedangkan lokasi penelitian di SMPI Al-Aziz Aeng Dake Bluto Sumenep. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, gambaran penggunaan metode diskusi pada mata pelajaran PAI yaitu guru membagi siswa di kelas menjadi berkelompok, dua atau tiga kelompok. Satu kelompok berperan menyajikan materi, dan kelompok lain menyiapkan pertanyaan. Setelah itu disimpulkan. Kedua, gambaran efektivitas penggunaan metode diskusi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dapat menarik perhatian siswa, melibatkan siswa secara aktif ketika berdiskusi, membangkitkan motivasi belajar siswa dan menjadikan siswa lebih antusias didalam belajar. Ketiga, kelebihan penggunaan metode diskusi yaitu dapat melatih siswa untuk mengemukakan pendapat di depan banyak orang, suasana kelas menjadi lebih hidup, melatih kreatifitas siswa dalam berbicara. Adapun kekurangan dari penggunaan metode diskusi yaitu masih ada beberapa siswa yang kurang aktif dalam diskusi, suasana kelas menjadi kurang kondusif dan kurangnya alokasi waktu yang tersedia.
Tidak tersedia versi lain