Text
UPAYA GURU AGAMA DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN SHALAT DHUHA BERJAMAAH DI SEKOLAH DASAR ISLAM (SDI) BUSTANUDDIN GALIS KEC. GALIS PAMEKASAN
ABSTRAK
Yanti Indah Pratiwi, 2018, Upaya Guru Agama dalam Peningkatan Kedisiplinan Shalat Dhuha Berjamaah di Sekolah Dasar Islam (SDI) Bustanuddin Galis Kec. Galis Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing : Dr. H. Moh. Muchlis Solichin, M.Ag.
Kata Kunci: Upaya Guru Agama, dan Peningkatan Kedisiplinan Shalat Dhuha Berjamaah
Dalam rangka menyukseskan pendidikan, guru agama harus mampu menumbuhkan disiplin pesrta didik, terutama disiplin dalam beribadah, seorang guru memiliki peranan yang sangat penting dalam menumbuhkan sifat dan sikap disiplin ibadah shalat dhuha berjamaah terhadap siswa. Untuk mendisiplinkan peserta didik perlu dimulai dengan prinsip yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, yakni sikap demokratis. Ada beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam meningkatkan kedisiplinan shalat dhuha berjamaah disekolah, yaitu memberikan pembinaan, memberikan contoh dan tauladan, memberikan bimbingan, dan suatu pengawasan.
Ada tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: (1) Langkah-langkah guru agama dalam meningkatkan kedisiplinan shalat dhuha berjamaah di SDI Bustanuddin Galis Kec. Galis Pamekasan. (2) Faktor pendukung dan penghambat guru agama dalam menanamkan kedisiplinan shalat dhuha berjamaah di SDI Bustanuddin Galis Kec. Galis Pamekasan. (3) Solusi alternatif guru agama terhadap faktor penghambat dalam meningkatkan kedisiplinan shalat dhuha berjamaah di SDI Bustanuddin Galis Kec. Galis Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, karena data yang diperoleh berupa kata-kata bukan angka-angka. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Mengenai informan diantaranya: Kepala Sekolah, Guru Agama dan Siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, Triangulasi dan kecakupan refrensi.
Hasil dari penelitian yang dilakukan bahwa: (1) langkah guru agama dalam peningkatan kedisiplinan shalat dhuha berjamaah di SDI Bustanuddin Galis Kec. Galis Pamekasan adalah guru memberikan pembinaan, memberikan contoh dan tauladan. (2) Faktor yang mendukung guru agama dalam peningkatan kedisiplinan shalat dhuha berjamaah di SDI Bustanuddin Galis Kec. Galis Pamekasan diantaranya orang tua dan guru. (3) Faktor penghambat guru agama dalam peningkatan kedisiplinan shalat dhuha berjamaah di SDI Bustanuddin Galis Kec. Galis Pamekasan adalah kurangnya kesadaran siswa akan sikap disiplin, terutama dalam disiplin waktu. Sedangkan solusi alternatif guru agama dalam peningkatan kedisiplinan shalat dhuha berjamaah di SDI Bustanuddin Galis Kec. Galis Pamekasan adalah guru memberikan contoh dan menjadi tauladan kepada siswa, dengan cara datang tepat waktu ke sekolah.
Tidak tersedia versi lain