Text
MANAJEMEN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMPN8 PAMEKASAN
Devi Megawati. 2018. “Manajemen Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 8 Pamekasan. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Jurusan Tarbiyah IAIN Madura, Pembimbing: Drs. H. Zainol Hasan, M.Ag.
Kata Kunci: Manajemen Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti
Ada tiga fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: Pertama,bagaimana perencanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMPN 8 Pamekasan.Kedua,bagaimana pelaksanaan dari perencanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMPN 8 Pamekasan.Ketiga, bagaimana evaluasi dari pelaksanaan perencanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMPN 8 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif. Data yang diperoleh yaitu dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber datanya adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan guru pendidikan agama islam.Adapun teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, display data (penyajian data), dan verifikasi data (penarikan kesimpulan) sedangkan tehnik pengecekan keabsahan datanya melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti, triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, proses perencanaan kurikulum 2013 di SMPN 8 Pamekasan: 1). Rencana perangkat pembelajaran (RPP), 2). silabus, 3). prota promis. Kedua. Proses pelaksanaan kurikulum 2013 mapel PAI dan budi pekerti1).pihak Guru bekoordinasi dengan kepala sekolah dan guru yang lain serta melalui MGMP dan Workshop 2.) semua pihak menetapkan waktu pelaksanaan, 3). Jurnal kelas ketika pembelajaran. Ketiga, Evaluasi dari pelaksanaan kurikulum 2013 pada mapel PAI dan budi pekerti di SMPN 8 Pamekasan1). fokus pada apa yang akan dievaluasi, 2).Penilaian individu dan kelompok, penilaian sikap dan penilaian keterampilan, 3). membuat nilai hasil belajar siswa.
Tidak tersedia versi lain