Text
ANALISIS SWOT INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) DALAM MENINGKATKAN MINAT MENABUNG ANGGOTA/CALON ANGGOTA DI KSPP. SYARIAH BMT NU JAWA TIMUR CABANG LARANGAN
R. Ajibu Sohanda Wibawa, 2018. “Analisis SWOT Integrated Marketing
Communication (IMC) Dalam Meningkatkan Minat Menabung Anggota/Calon
Anggota Di KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Larangan”. Skripsi,
Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut
Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing : Dr. H. Zainal Abidin, MEI.
Kata Kunci : Integrated Marketing Communication dan Minat Menabung
Jumlah anggota produk tabungan mudlarabah (tabah) di KSPP. Syariah
BMT NU Jawa Timur Cabang Larangan setiap tahunnya mengalami peningkatan
yang signifikan dan minat calon anggota pada produk tabah ini sangat tinggi. Hal
tersebut dipengaruhi oleh penerapan Integrated Marketing Communication (IMC)
yang dilakukan oleh KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Larangan.
Dimana dalam penerapannya, penerapan integrated marketing communication
(IMC) pada KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Larangan ini merangkul
tokoh masyarakat sekitar agar supaya memudahkan dalam memasarkan produk
yang ditawarkan oleh KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Larangan ini.
Tujuan pokok dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
pelaksanaan integrated marketing communication (IMC) dalam meningkatkan
minat menabung anggota/calon anggota di KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur
Cabang Larangan dan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan integrated
marketing communication (IMC) di KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang
Larangan dalam kajian analisis SWOT.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif, jenis data dan sumber data berupa data primer
dan data sekunder, sedangkan tekhnik pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi yang menjadi objek penelitian ini
adalah KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Larangan yang beralamat di
Jalan Raya Blumbungan, Kabupaten Pamekasan.
Hasil Penelitian dalam tugas akhir ini menyatakan bahwa pelaksanaan
Integrated Marketing Communication (IMC) yang diterapkan oleh KSPP. Syariah
BMT NU Jawa Timur Cabang Larangan dalam meningkatkan minat menabung
anggota/calon anggota menggunakan empat model komunikasi utama (bauran
komunikasi pemasaran) antara lain; penjualan personal (personal selling),
pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth), hubungan masyarakat atau public
relations (PR) dan promosi penjualan.
Tidak tersedia versi lain