Text
PERAN GURU PAI SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI SMPN 5 PAMEKASAN
Ulfiya Desi, 2018: Peran Guru PAI Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Di SMPN 5 Pamekasan Tahun 2017. Program Mengajar Belajar Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah. Dosen Pembimbing Dr. Edi Susanto, M. Fil. I
Kata Kunci : Guru PAI, Motivator, Kecerdasan Spiritual
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kecerdasan spiritual belum terlalu diperhatikan oleh pendidik dan orang tua karna lebih mengutakan prestasi belajar berupa nilai rapor yang bagus atau intelektualnya saja. Selain pendidikan informal dari keluarga, pendidikan formal oleh pendidik atau guru juga memiliki peran dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa.
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah(1)Bagaimana Kecerdasan spiritual siswa di SMPN 5 Pamekasan?(2) Bagaimana cara guru dalam memotivasi siswa untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMPN 5 Pamekasan (3) Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMPN 5 Pamekasan?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan Kondisi kecerdasan spiritual siswa di SMPN 5 Pamekasan.(2) Untuk mendeskripsikan cara guru dalam memotivasi siswa untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMPN 5 Pamekasan. (3) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMPN 5 Pamekasan.
Skripsi ini sangat bermanfaat bagi sekolah dan masyarakat pada umumnya. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi guru agar tercapai keberhasilan proses belajar mengajar yang sesuai dengan harapan serta dapat membantu dalam peningkatan kecerdasan spiritual anak. Bagi para pembaca Hasil penelitian ini dapat menambah wacana keilmuan terkait dengan peran guru PAI sebagai motivator dalam meningkatkan kecerdasan spiritual anak.
Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. lalu dianalisis menggunakan teknik analisis data oleh Sieddel yaitu dengan mencatan hasil lapangan, mengumpulkan dan memilah data mengklarifikasi, dan memikirkan makna, pola dan hubungan kemudian membuat temuan-temuan.
Setelah itu penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode diatas memperoleh hasil bahwa:1.kecerdasan spiritual siswa di SMPN 5 Pamekasan sudah sangat baik, terlihat dari sikap siswa terhadap guru, teman dan lingkungannya serta dalam pelaksanaan ibadahnya sehari-hari. 2.cara guru PAI untuk memberikan motivasi sangat beragam dan sudah sangat baik, yaitu melalui nasehat dan keteladanan. Terbukti adanya hasil dari pemberian motivasi tersebut. 3.peningkatan kecerdasan spiritual siswa yaitu adanya kesadaran untuk menutup aurat dengan memakai hijab dalam pembelajaran dan dilanjutkan setelah lulus, melakukan kegiatan beribadah tidak perlu untuk ditegur, adanya perubahan tingkah laku dari yang kurang baik menjadi lebih baik.
Tidak tersedia versi lain