Text
PERAN GURU AKIDAH AKHLAK SEBAGAI PENDIDIK NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MTsN 3 PAMEKASAN
ABSTRAK
Nor Hidayanti, Skripsi, 2018. Peran Guru Akidah Akhlak Sebagai Pendidik Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di MTsN 3 Pamekasan, Institut Agama Islam Negari Madura, Jurusan Tarbiah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pembimbing : Aflahah, M.Pd.
Kata Kunci: PeranGuru, Nilai-nilaiKeislaman, AkhlakulKarimah
Keberadaan guru akidah akhlak disuatu madarsah sangatlah dibutuhkan dalam rangka membantu memberikan pemahaman dan pembinaan akhlakul karimah siswa, serta memberikan penyadaran yang tinggi terhadap kebiasaan yang terpuji dalam interaksi sosial. Peran guru akidahakhlakjugamemberikantauladandancontoh yang baikbagikepribadiannya.
Ada tigapokokpermasalahan yang menjadikajianpokokdalampenelitianiniyaitu: (1) Materinilai-nilaikeislamandalampembinaanakhlakulkarimahsiswa di MTsN 3 Pamekasan (2) Peran guru akidahakhlaksebagaipendidiknilai-nilaikeislamandalampembinaanakhlakulkarimahsiswadi MTsN 3 Pamekasan (3) Bentukpembinaan guru akidahakhlakbagisiswadi MTsN 3 Pamekasan.
Adapun tujuan dari penelitian yaitu: (1) Untuk mengetahui bagaiman nilai-nilai keislaman dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di MTsN 3 Pamekasan (2) Untuk mengetahui bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pendidik nilai-nilai keislaman dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di MTsN 3 Pamekasan (3)Untuk mengetahui bagaimana bentuk pembinaan guru akidah akhlak bagi siswa di MTsN 3 Pamekasan.
Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif, denganjenisdeskriptif. Data yang diperolehyaitudengancaraobservasi, wawancaradandokumentasi. Teknikpengecekankeabsahan data melaluiketekunanpenelitiandantriangulasi.
Hasilpenenelitiandapatpenelitisimpulkan, pertama,materinilai-nilaikeislamandalampembinaanakhlakulkarimahsiswa di MTsN 3 Pamekasanyaitu, memberikanpembinaanberupaceritafenominaterkinitentangprilakuakhlakdanmemberikancontohkasusterkini, misalnyadenganadanyafenomenapemudahariiniberanimelakukanpenyimpangan moral, contohnyapemudasukaminum-minumankeras, pemerkosaan, danperkelahianantarsiswa. Kedua,peran guru akidah akhlak sebagai pendidik nilai-nilai keislaman dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di MTsN 3 Pamekasan adalahmemberikanpenyadarankepadasiswabahwaakhlak yang terpujimerupkankuncisuksesbagisiswasebagaigenerasibangsadimasa yang akandatang, danmenjagasikapdanperbuatansehinggamenjaditauladanbagisiswa.Ketiga,bentuk pembinaan guru akidah akhlak bagi siswa di MTsN 3 Pamekasan adalahGuru datang lebih pagi dari siswa, siswa membiasakan bersalaman sebelum masuk ke sekolah, mengajak dialog atau Tanya jawab, bercerita tentang kisah-kisah akhlak terpuji Rasulullah, Nabi dan parasahabatnya mendidik siswa dengan cara yang lebih humanis
Tidak tersedia versi lain