Text
PENERAPAN TABUNGAN FAEDAH DALAM PERSPEKTIF CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DI PT. BRI SYARIAH KCP PAMEKASAN
ABSTRAK
FathorRohman, 2018, Penerapan Tabungan FaedahdalamPerspektif Customer Relationship Management di PT. BRI Syariah KCP Pamekasan, Pembimbing :FatekhulMujib, S.Ag., M.Si
Kata Kunci:Penerapan, Costumer Relationship Managemen
Konsep CRM menjadisalahsatukeunggulandalampeningkatanpelayanan. Customer Relationship Management (CRM) menjadisebuahfilosofibisnisdenganusahadapatmenempatkanpelanggansebagaipusat proses, aktivitasdanbudaya. PenerapanCustomerRelationship Management (CRM) sebagaisuatustrategikomunikasi yang bertujuanuntukmembangunloyalitasdalamjangkapanjang. Penerapan CRM yang maksimalakanmembuat BRI Syariah KCP Pamekasantetapmampumenjagaloyalitasnasabah khususnya pada Tabungan Faedah.
Fokus dalam penelitian ini adalahbagaimanaPenerapan Tabungan FaedahdalamPerspektif Customer Relationship Management di PT. BRI Syariah KCP Pamekasan?.Sedangkantujuandarifokus penelitianiniadalahuntukmengetahuiPenerapan Tabungan FaedahdalamPerspektif Customer Relationship Management di PT. BRI Syariah KCP Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diperoleh dari dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan wawancara langsung yang bersangkutan seperti karyawan dan nasabah PT. BRI Syariah KCP Pamekasan, sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber lain yang berkaitan dengan penelitian ini seperti buku dan sumber lainnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Tabungan FaedahdalamPerspektif Customer Relationship Management di PT. BRI Syariah KCP Pamekasan. Dalam menerapkanCustomerRelationship Management (CRM) PT. BRI Syariah KCP Pamekasanmelakukan 4 (empat) tahap proses CRM. Pertama, mengidentifikasinasabah artinya proses iniCRM harusdapat memahami dan mengetahuiapayang menjadi kebutuhan nasabah. Kedua, Differensiasi merupakan proses membedakan suatu nasabah berdasarkan kemampuan dan karakter sehingga produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Ketiga, interaksidengannasabah, Proses interaksidiharapkanadanyahubungantimbalbalikantaraperusahaandengannasabah .Keempat, Personalisasiyaitumenawarkanprodukjasa yang sesuaidengankebutuhannasabah.
Tidak tersedia versi lain