Text
PENERAPAN PENILAIAN BERBASIS PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 PAMEKASAN
ABSTRAK
Muhaimin, 2018. Penerapan Penilaian Berbasis Portofolio dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Dosen Pembimbing: Dr. H. Mohammad Kosim, M. Ag.
Kata Kunci: Penilaian Berbasis Portofolio, Pembelajaran PAI
Pada saat ini tingkat prestasi siswa yang sekarang lebih rendah bila dibandingkan dengan prestasi siswa sebelumnya meskipun guru agama di SMP Negeri 3 Pamekasan sering mengadakan evaluasi baik dalam bentuk praktek, proyek maupun tugas-tugas pekerjaan rumah (PR). Tidak sedikit pendidik dalam memberikan nilai terhadap siswa yang dibinanya melalui beberapa teknik evaluasi seperti evaluasi dalam bentuk tes tulis, praktek maupun hasil karya siswa. Sehingga berdasarkan hal tersebut seorang pendidik dapat dipastikan dapat mengetahui kemampuan masing-masing siswa yang dibinanya secara menyeluruh. Berdasarkan teknik evaluasi yang digunakan tersebut sebenarnya sudah masuk pada sebagian teknik-teknik penialaian portofolio yang seharusnya memberikan dampak positif terhadap hasil dari evaluasi yang dilaksanakan, namun hal tersebut berbeda dari harapan dan fakta yang terjadi
Fokus dalam penelitian ini yaitu: a) Bagaimanakah penerapan penilaian berbasis portofolio dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Pamekasan, b) Apa saja kendala guru dalam menerapkan penilaian berbasis portofolio dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah fenomenologis, artinya penulis memaparkan tentang fenomena-fenomena dari perilaku subjek penelitian yang diamati. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bidang studi PAI dan siswa SMP Negeri 3 Pamekasan. Adapun prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama Penerapan Penilaian Berbasis Portofolio dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Pamekasan yaitu a) Guru menjelaskan kepada siswa maksud dan tujuan penilaian portofolio, b) Guru memberikan tugas-tugas yang ada hubungannya dengan portofolio baik ulangan harian, tugas individu maupun tugas kelompok, c) Guru dan siswa melakukan musyawarah terlebih dahulu tentang topik-topik yang akan dijadikan portofolio, d) Guru dan siswa menjadwalkan pertemuan khusus untuk membahas hasil karya siswa, e) Guru dan siswa menentukan kreteria penilaian hasil portofolio, f) Guru memberikan kesempatan kepada siswa. Kedua Kendala guru dalam menerapkan penilaian berbasis portofolio dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Pamekasan adalah a) Minimnya waktu antara proses penilaian portofolio dengan pokok bahasan yang harus selesai, b) Siswa kurang memiliki kemampuan dalam penilaian diri, c) Kurang kreatif dalam menyajikan pembahasan portofolio yang ditunjang dengan sumber-sumber pendukung, seperti vedio kejadian nyata, informasi dari tokoh agama dan sumber pendukung lainnya.
Tidak tersedia versi lain