Text
Implementasi Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Di MA Al-Azhar Desa Panaan Dusun Bata-Bata Kecamatan Palenggaan Kabupaten Pamekasan
ABSTRAKS
Achmad Zaufi. 2018. Implementasi metode ceramah dalam pembelajaran Al-Qur,an hadist di MA al-azhar desa panaan dusun bata-bata palengngaan pamekasan. Skripsi. Jurusan Tarbiya, prodi pendidikan Agama Islam, IAIN Madura. Dosen pembingbing Dr. Muhammad kosim M.Ag.
Kata kunci : implementasi metode ceramah dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist.
MA Al-azhar adalah adalah lembaga pendidikan Islam tingkat menengah atas. yang ikut berperan dalam membimbing generasi muda Islam untuk menjadi hamba yang mampu memahami Al-Quran hadits untuk bekal hidup di dunia dan akhirat. Kepala sekolah dan guru pendidikan agama Islam di lembaga tersebut bertanggung jawab atas kepercayaan orang tua siswa untuk melanjutkan yang belum terselesaikan oleh mereka. Siswa berprestasi adalah salah satu harapan orang tua dan dunia pendidikan, maka dari itu kepala sekolah yang professional senantiasa berupaya untuk meningkatkan prestasi siswa.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu; pertama, bagaimana implementasi metode konvensional dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Al-Azhar Desa Panaan Dusun Bata-Bata Kecamatan Palenggaan Kabupaten Pamekasan?, kedua, bagaimanakah efektivitas implementasi metode konvensional dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Al-Azhar Desa Panaan Dusun Bata-Bata Kecamatan Palenggaan Kabupaten Pamekasan?, ketiga, Faktor apa saja yang menghambat implementasi metode konvensional dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Al-Azhar Desa Panaan Dusun Bata-Bata Kecamatan Palenggaan Kabupaten Pamekasan?
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, mengenai Implemtasi metode ceramah dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Al-Azhar Desa Panaan Dusun Bata-Bata Kecamatan Palenggaan Kabupaten Pamekasan menunjukkan bahwa dalam menggunakan metode ceramah guru telah menggunakan ceramah sebagai metode pembelajaran untuk menjelaskan materi terhadap ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits Nabi untuk memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap siswa. Kedua, mengenai Efektifitas implementasi metode konvensional dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Al-Azhar Desa Panaan Dusun Bata-Bata Kecamatan Palenggaan Kabupaten Pamekasan menunjukkan bahwa, dalam efektifitas pennggunaan implementasi metode dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di dalam kelas sangat baik karena siswa dapat memahami meteri dengan baik dan penjelasan yang di berikan guru dapat di mengerti oleh siswa. Ketiga, yang menjadi faktor yang menghambat implementasi metode konvensional dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Al-Azhar Desa Panaan Dusun Bata-Bata Kecamatan Palenggaan Kabupaten Pamekasan menunjukkan bahwa, dalam faktor yang menjadi penghambat guru dalam implementasi metode pembelajaran Al-Qur’an Hadits di dalam kelas adalah kondisi kelas yang cenderung ramai dan tidak terkontrol dan murid merasa bosan.
Tidak tersedia versi lain