Text
KETERAMPILAN MENGAJAR BAGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA NEGERI 5 PAMEKASAN
ABSTRAK
Nuzulul Alfriyana, 2018, Keterampilan Mengajar Bagi Guru pada mata Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 5 Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing Fathol Haliq, M.Si.
Kata Kunci: Keterampilan Mengajar, Guru Pendidikan Agama Islam
Ada tiga pokok permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana proses keterampilan mengajar guru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 5 Pamekasan? (2) Faktor apa yang mempengaruhi guru dalam menerapkan keterampilan mengajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)? (3) Apa upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI)dalam mengatasi kendala keterampilan mengajar guru?
Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif. Data yang diperoleh yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaa, ketekunan peneliti, dan triangulasi.
Hasil penelitian dapat peneliti simpulkan pertama, Keterampilan Managajar bagi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 5 Pamekasan sudah dilakukan dan digunakan dalam proses belajar mengajar walaupun tidak semaksimal dan seoptimal mungkin. Dalam artian, guru khususnya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) hanya menggunakan sembilan keterampilan Mengajar apa adanya tanpa melakukan langkah-langkah yang strategis dalam proses belajar mengajar. Akan tetapidalam Sembilan keterampilanmengajarahanya 6 atau7 keterampilanmengajar yang di terapkan. Kedua, Faktor yang mempengaruhi guru dalam menerapkan Keterampilan Mengajar yaitu di bagi menjadi dua tahap yang pertama faktor pendukung yang mana dalm foktor pendukung disini terletak pada guru itu sendiri, kemauan siswa, dan yang terahir pada sarana dan prasarana sekolah, yang kedua mengenai faktor penghambat sama-sama terletak pada siswa itu sendiri dan gurunya karena pada saat proses pembelajaran ada sebagian siswa yang berbicara sendiri dan ada juga yang tidur. Yang paling penting keterampilan mengajar bagi guru Pendidikan Agama Islam kurang di kuasai dengan baik seperti halnya guru hanya menerapkan beberapa bagian saja dalam melaksanakan keterampilan mengajar dari Sembilan keterampilan hanya sekitar 6 keterampilan yang di terapkan penyebab dari hal itu guru yang kurang menguasai keterampilan mengajar, kurangnya pengawasan dari kepala sekolah dan yang terahir guru yang ingin cepat-cepat untuk keluar karena ada keperluan yang lebih penting.Ketiga, Upaya guru Pendidikan Agama Islam(PAI) di SMA Negeri 5 Pamekasan dalam Mengatasi kendala keterampilan mengajar adalah dengan lebih menguasai sembilan keterampilan mengajar agar penerapannya dalam pembelajaran lebih maksimal. Dengan begitu akan terhindar dari perilaku-perilaku yang dapat mengganggu iklim pembelajaran yakni dengan menerapkan keterampilan dalam pengelolaan kelas dengan penciptaan kondisi kelas yang optimal, dan selalu memusatkan perhatian, serta membrikan teguran terhadap siswa-siswa yang mengganggu kondisi proses pembelajaran
Tidak tersedia versi lain