Text
STRATEGI KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP PLUS NURUL HIKMAH PAMEKASAN
ABSTRAK
Yessy Selviana Sofiah, 2018, Strategi Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan, Sikripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Drs. H. Zainol Hasan, M. Ag
Kata kunci: Srategi Kepemimpinan Visioner, Mutu Pendidikan
Dalam lembaga pendidikan tentunya dibutuhkan sosok pemimpin sebagai penggerak maupun pendorong kemajuan lembaga pendidikan, hal ini berkaitan dengan bagaimana kepala sekolah sebagai pemimpin harus mampu melakukan pengelolaan lembaga pendidikan dengan senantiasa berpedoman pada visi dan misi. Adanya kinerja kepala sekolah tentunya tidak bisa berdiri sendiri akan ada pihak-pihak maupun jajaran sinergitas sekolah yang bekerja sama dengan kepala sekolah membentuk tim untuk memperbaiki setiap masalah maupun hambatan yang terjadi sehingga peningkatan mutu pendidikan dapat terjamin.
Berdasarkan hal tersebut, dilakukan tentang tiga permasalahan pokok yang menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana perencanaan startegi kepemimpinan visioner di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan; kedua, bagaimana Pelaksanaan strategi kepemimpinan visioner dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan; ketiga, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat kepemimpinan visioner dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, prosedurpengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui Derajat Kepercayaan (credibility).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, perencanaanstrategikepemimpinanvisionermemilkitigaperencananyaknimembuat program-program yang telahdirancang di RKAS berdasarkanketetapan KTSP, meningkatkanprofesionalisme guru, danpemenuhanterhadapsaranadanprasaranan yang kurangmemadai. Keduapelaksanaanperencanaanstartegikepemimpinanvisioner yang telahdirancang di RKAS berupa program-program yang sesuaidenganvisimisi yang ada, misalnyastrong belief, program yang dijlankanmembaca surah-surah pendekdandoasebelumpelajaran di mulai, melaksanakansholatdluha, sholatbejamaah, dansholatjum’atbersama. Ketikakeimanan yang kuatsudahtertanam di dalamdiriparasantrimakagood personality akanterbentukdengansendirinya. Untukvisi yang ketiga, high achievement program yang dijalankanyaitu, pembinaan OSN, danSukses UN.Ketiga, faktor pendukung yang mempengaruhi kepemimpinan visioner dalam meningkatkan mutu pendidikan yakni kepala sekolah senantiasa bersifat terbuka, keterlibatan wali santri, integritas yang tinggi, kepala sekolah memiliki human skill yang baik serta tindakan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru. Sedangkan faktor penghambat dalam peningkatan mutu pendidikan ialah peningkatan profesionalisme guru kurang maksimal di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain