Text
IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU DALAM PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN Di MAN 2 PAMEKASAN
ABSTRAK
Taufik, 2018, Implementasi Manajemen Mutu dalam Pengelolaan Perpustakaan di MAN 2 Pamekasan, Skripsi, Program StudiManajemenPendidikan Islam, JurusanTarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing : Dr. Mohammad Thoha, M. Pd. I
Kata kunci :manajemen mutu , pengelolaan perpustakaan.
ManajemenPeningkatanMutu, adalahsebagai model manajemen yang memberikanotonomilebihbesarkepadakepalasekolahdanmendorongpengambilankeputusanpartisipatif yang melibatkansecaralangsungsemuawargasekolah (guru, pesertadidik, kepalaskolah, karyawan, orang tuapesertdidik, danmasyarakat) untukmeningkatkanmutusekolahberdasarkannasional.Pengelolaanadalahsuatuseniuntukmengaturataumengelolasemuasumberdaya yang dimilikiolehorganisasidalamrangkamencapaitujuanorganisasi.Perpustakaanadalahtempatmengumpulkanbahanpustakaataukumpulanpustaka yang di aturdandisusundengansistematis, sehinggasewaktu-waktudiperlukandapatdiperolehdenganmudahdancepat.
Berdasarkanhaltersebut, makaadatigapermasalahan yang menjadikajianpokokdalampenelitianini, yaitu :Pertama, ImplementasiManajemenMutuPerpustakaan di MAN 2 Pamekasan; kedua,FaktorPendukungdanPenghambatImplementasiManajemenMutudalamPengelolaanPerpustakaan di MAN 2 Pamekasan; ketiga.StandartMutudalamPengelolaanPerpustakaan di MAN 2 Pamekasan.
Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisdeskriptif.Sumber data diperolehmelaluiwawancara, observasi, dandokumentasi.Informannyaadalah yang menurutpenelitidianggapmenguasaibidang yang ditelitiolehpeneliti, sepertiKepalahSekolah, KepalaPerpustakaan, Pustakawan, danbagiansirkulasi, Sedangkanpengecekankeabsahan data dilakukanmelaluiderajatkepercayaan (credibility).
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa; Pertama,ImplementasiManajemenMutuPerpustakaan di MAN 2 Pamekasanyaitu Penerapanmanajemenmutuperpustakaan di MAN 2 Pamekasanyaitu,
a. bentuklayanan yang menggunakansistemterbuka
b. dasarpenyeleksiankoleksidanjenisbahanpustakadisesuakandengan DCC dan sesuai dengan Standart Perpustakaan Nasional RI pada Tahun 2011.
c. kesiapanstafdalampengelolaanbahanpustakadanpengadaan yang mendukungmanajemenmutudalampengelolaanperpustakaan.
Kedua, FaktorPendukungdanPenghambatImplementasiManajemenMutudalamPengelolaanPerpustakaan di MAN 2 Pamekasan yaituadapunfaktor yang mendukungdanmenghambatmanajemenmutudalampengelolaanperpustakaan di MAN 2 Pamekasan, terdapatbeberapatemuan, antara lain :
a. Faktor yang mendukungmanajemenmutudalampengelolaanperpustakaan di MAN 2 Pamekasan di antaranyasepertifasilitas yang mendukungterlaksananyamanajemenmutu di perpustakaanseperti, koleksibuku yang lengkap, ruanganber AC, Wifi, tempat yang stategisdanpelayanan yang baikdaripetugasperpustakaan.
b. Faktorpenghambatmanajemenmutudalampengelolaanperpustakaan di MAN 2 Pamekasandiantaranyaletakgedungperpustakaankurangstrategistidakberada di tengahsekolahdanruanganperpustakaan di MAN 2 Pamekasan yang terlalusempitsehinggakelihatanberdesakan.
Ketiga, StandartMutudalamPengelolaanPerpustakaan di MAN 2 Pamekasan. Yaitu Standarmutumerupakanspesifikasiteknis yang dibakukanberdasarkankonsesusdansemuapihakterkaitdengansyarat-syarattertentu. Untukstandarmutudalampengelolaanperpustakaan di MAN 2 Pamekasanberpatokanpadabukukerja DDCdansesuaidenganStandarPerpustakaanNasional RI Tahun 2011 yang di dalamnyameliputistandarkoleksi, saran danpsarana, layanan, tenaga, penyelenggara, pengelolaan, pengorganisasian, bahanpustaka, anggaran, perawatan, kerjasamandanintegrasidengankurikulum. Standariniberlakupadaperpustakaansekolahbaiknegerimaupunswastaseperti:
a. Layanansirkulasi
b. LayanansaranadanprasaranaLayananruangbaca
c. Layanankoleksi
Tidak tersedia versi lain