Text
IMPLIKASI METODE MENGAJAR GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDI ADDURIYAH BANGKES KADUR PAMEKASAN
ABSTRAK
Khairun Nisak, 2018. Implikasi Metode Mengajar Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SDI Adduriyah Bangkes Kadur Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Dosen Pembimbing: Dr. H. Moh. Muchlis Solichin, M. Ag.
Kata Kunci: Guru, Pembelajaran, Baca al Qur’an
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa hal. Pertama, motivasi dan prestasi belajar siswa lebih baik dari sebelumnya. Kedua, siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Ketiga, guru PAI di SDI Adduriyah Bangkes Kadur Pamekasan selalu menggunakan metode pembelajaran yang berbeda pada saat kegiatan belajar mengajar. Maka berdasarkan hal tersebut penulis, tertarik untuk mengadakan lebih lanjut dengan judul penelitian Implikasi Metode Mengajar Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SDI Adduriyah Bangkes Kadur Pamekasan..
Fokus dalam penelitian ini adalah 1), Apa saja metode mengajar guru PAI di SDI Adduriyah Bangkes Kadur Pamekasan, 2) Bagaimana implikasi metode mengajar guru PAI terhadap motivasi belajar siswa di SDI Adduriyah Bangkes Kadur Pamekasan, 3) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi metode mengajar guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDI Adduriyah Bangkes Kadur Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah eksploratif, karena lebih mementingkan proses daripada hasil. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bidang studi PAI dan siswa SDI Adduriyah. Adapun prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi sejak tanggal 10 juli sampai dengan tanggal 02 agustus 2018.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1, metode mengajar guru PAI di SDI Adduriyah Bangkes Kadur Pamekasan yaitu a) Dalam kegiatan pembelajaran guru PAI menggunakan strategi PAIKEM untuk menunjang efektifitas metode yang digunakan, b) Guru PAI menggunakan metode pembelajaran yang variatif, c) Guru PAI menggunakan metode pembelajaran berdasarkan pertimbangan kesesuain materi dan media yang akan digunakan, d) Implementasi metode yang digunakan didukung dengan media pembelajaran. 2, Implikasi metode mengajar guru PAI terhadap motivasi belajar siswa di SDI Adduriyah Bangkes Kadur Pamekasan adalah a) Siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar meskipun dalam keadaan capek dan lelah, b) Siswa berlaku disiplin di kelas, c) Siswa mampu memahami bahan ajar yang disampaikan oleh guru PAI. 3 faktor-faktor yang mempengaruhi metode mengajar guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDI Adduriyah Bangkes Kadur Pamekasan adalah a) faktor pendukung implementasi metode pembelajaran PAI yaitu 1) Terjadinya kerja sama orang tua dan guru terhadap perkembangan belajar siswa, 2) Adanya pemberdayaan terhadap kemampuan siswa seperti fasilitas dan sarana belajar yang memadai, 3) Lingkungan belajar yang kondusif, 4) Terbentuknya kelompok belajar. b) Faktor penghambat implementasi Metode Pembelajaran PAI yaitu 1) Minimnya durasi waktu jam pelajaran, 2) Sebagian siswa masih belum memiliki keberanian dan malu dalam berpendapat.
Tidak tersedia versi lain