Text
STRATEGI PROMOSI PROFIL MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PAMEKASAN
Jamiatul Fajriah, 2018, Strategi pemasaran Madrasah Aliyah Negeri 1 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, Pembimbing : Dr. H. Zainuddin Syarif, M. Ag
Kata Kunci: Strategi promosi, madrasah,
Terdapat empat fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini; Pertama, Bagaimana strategi madrasah dalam mempromosikan lembaganya kepada masyarakat pada MAN 1 Pamekasan?, Kedua, Apa saja faktor penghambat dan pendukung dari strategi pemasaran madrasah aliyah negeri 1 Pamekasan?, Ketiga, Bagaimana hasil dari implementasi strategi pemasaran madrasah aliyah negeri 1 Pamekasan?, Keempat, Mengapa MAN 1 Pamekasan perlu di publikasikan kepada masyarakat?
Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan deskriptif. Prosedur pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data adalah Kepala Sekolah, wakahumas, wakakesiswaan, walimurid dan Siswa. Analisis data melalui pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan/pengamatan, ketekunan pengamatan, tringulasi peneliti, tringulasi teoritik. Penelitian ini berlangsung dari tanggal 12 April 2018 sampai dengan 11 Mei 2018.
Hasil penelitian menunjukkan. Pertama, Strategi pemasaran madrasah aliyah negeri 1 Pamekasan meliputi mengkomunikasikan dan mempromosikan tujuan sekolah, nilai serta kualitas sekolah kepada siswa,orang tua siswa dan masyarakat luas. Cara yang dilakukan MAN 1 Pamekasan dalam pemasaran madrasah melalui pampflet, brosur, dan media sosial. Yang terlibat dalam melakukan promosi profil madrasah adalah sinergitas dan pengembangan mutu serta dengan membangun kerjasama dalam mempromosikan kualitas madrasah yang mampu bersaing dengan lembaga lain, supaya siswa tertarik untuk masuk ke MAN 1 Pamekasan. Kedua, Faktor penghambat dan pendukung dari strategi pemasaran madrasah aliyah negeri 1 Pamekasan adalah Faktor penghambatnya adalah kurangnya kepercayaan dari masyarakat. Karena masyarakat seringkali menganggap jika madrasah tidak dapat melanjutkan ke perguruan tinggi. Selain itu, strategi yang tidak sesuai dengan harapan madrasah, dalam merekrut siswa untuk masuk ke MAN 1 Pamekasan. Faktor pendukungnya adalah ketika sinergritas saling menjaga kerjasama dan tidak miskomunikasi. Upaya yang diatasi dalam mengatasi hambatan yang ada adalah tetap berpikir positif, tidak mengeluh dan bekerja lebih keras lagi untuk melakukan evaluasi dari hambatan yang terjadi dalam promosi profil MAN 1 Pamekasan. Ketiga, Dalam hasil implementasi strategi pemasaran madrasah aliyah negeri 1 pamekasan adalah madrasah lebih mengutamakan kepuasan masyarakat. Jika kinerja madrasah dalam melakukan strategi pemasaran madrasah sudah baik, otomatis masyarakat akan merasa puas dengan kualitas yang MAN 1 Pamekasan miliki. Hasil implementasi pemasaran diterapkan oleh MAN 1 Pamekasan sudah membuat masyarakat puas atas kualitas yang dimiliki. Hal ini terbukti dengan meningkatnya kuota peserta didik yang mendaftar dari tahun ke tahun. Keempat, MAN 1 Pamekasan perlu untuk di publikasikan kepada masyarakat luar dengan melakukan strategi pemasaran madrasah aliyah negeri 1 pamekasan supaya masyarakat luas bisa mengetahui keunggulan apa saja yang ada di MAN 1 Pamekasan, baik dari segi prestasi, ekstrakurikuler dan lain sebagainya. Selain itu, dengan di adakannya strategi pemasaran madarasah aliyah negeri 1 pamekasan supaya masyarakat luas tidak melihat MAN 1 Pamekasan yang hanya di anggap sebagai sekolah yang menjadi pilihan nomer dua setelah sebelumnya peserta didik tidak di terima mendaftarkan diri ke sekolah SMA yang mereka inginkan
Tidak tersedia versi lain