Text
PERAN HUMAS DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AR – RAHMAH DESA DHARMA TANJUNG KECAMATAN CAMPLONG KABUPATEN SAMPANG
Nama:Ikbal Hakun Ali sabet, Peran Humas di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ar
Rahmah Desa Dharma Tanjung Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang 2018. Program studi manajemen pendidikan islam (MPI), Jurusan tarbiyah, Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Pamekasan, pembimbing :Dr. H.Mohammad Muchlis Sholichin, M. Ag
Kata Kunci :Peran Humas,
Dengan ada hubungan yang saling memberi dan menerima antara sekolah dengan masyarakat sekitarnya maka sekolah harus merealisasikan apa yang dicita-citakan oleh warga masyarakat tentang pengembangan warga masyarakat tersebut secara total, integrated, dan optimal karena sekolah memberikan sesuatu yang sangat berharga terhadap masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, pada penelitian ini terdapat dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, Bagaimana peran humas di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ar-Rahmah Desa Dharma Tanjung Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang?. Kedua, Apa saja kendala dalam mengimplementasikan peran humas di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ar-Rahmah Desa Dharma Tanjung Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang?. Ketiga, Bagaimana bentuk-bentuk humas di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ar-Rahmah Desa Dharma Tanjung Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang?.
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: (1)Untuk Mengetahui peran humas di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ar-Rahmah Desa Dharma Tanjung Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang.(2) Untuk mengetahui kendala dalam mengimplementasikan peran humas di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ar-Rahmah Desa Dharma Tanjung Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang.(3) Untuk mengetahui bentuk-bentuk humas di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ar-Rahmah Desa Dharma Tanjung Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang?.
Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, data yang diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi. kemudian seluruh data yang dicek keabsahannya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, pengamatan, dan tringulasi sumber, metode, peneliti, teoritik, sember data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang berasal dari kepala sekolah, guru dan bagian kehumasan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama: Humas dalam lembaga pendidikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ar-Rahmah berperan untuk membina dan mengelola hubungan yang baik dengan masyarakat untuk membangun fasilitas sekolah yang baik Kedua: Faktor kendala di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ar-Rahmah kurang kerja sama antara ketua yayasan dan kepala sekolah disangping itu kurangnya anggaran dalam kinerja humas.Ketiga: Sekolah mengadakan perlombaan tiap tahun, menyusun program kegiatan kunjungan warga sekolah dan menjaga hubungan yang harmonis sesama warga sekolah
Tidak tersedia versi lain