Text
IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERENCANAAN PROGRAM KERJA SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SMK AN-NASYIIN GRUJUGAN LARANGAN PAMEKASAN
Moh. Faisal Ali Samfi, 2018, Implementasi Manajemen Perencanaan Program Kerja Sarana dan Prasarana Pendidikan di SMK An-Nasyiin Grujugan Larangan Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Dr. R. Agoes Kamaroellah, M.Si.
Kata Kunci : Manajemen, Perenccanaan Program Kerja, Sarana dan Prasarana Pendidikan
Di era globalisasi ini, pendidikan merupakan faktor yang sangat penting dalam menunjang masa depan peserta didik, pendidikan harus dikelola secara tepat agar supaya tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan yang akan berakibat terhadap peserta didik. Dengan demikian, maka seharusnya pendidikan dikelola dengan manajemen yang tepat, baik dari segi fasilitas maupun dari segi pelayanan.
Keadaan lingkungan sekolah tempat belajar turut mempengaruhi tingkat keberhasilan belajar, kualitas guru, metode mengajarnya, kesesuaian kurikulum dengan kemampuan peserta didik, keadaan fasilitas/perlengkapan di lembaga sekolah, keadaan ruangan, jumlah peserta didik per lokal, pelaksanaan aturan/tata tertib di lembaga sekolah dan sebagainya, semua ini turut mempengaruhi keberhasilan belajar peserta didik.
Fasilitas dan pelayan yang baik harus diiringi dengan proses manajemen perencanaan program kerja sarana dan prasana pendidikan yang efektif, dan dikelola oleh tenaga kependidikan yang profesional agar fasilitas dan pelayanan pendidikan bisa dinikmati dengan nyaman oleh setiap peserta didik.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana Implementasi Prosedur Manajemen Perencanaan Program Kerja Sarana Dan Prasarana Pendidikan di SMK An-Nasyiin Grujugan Larangan Pamekasan; kedua, Bagaimana Implementasi Perencanaan Pengadaan Barang Bergerak Dan Barang Tidak Bergerak di SMK An-Nasyiin Grujugan Larangan Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti kepala sekolah, waka sarana dan prasarana kepala tata usaha, dewan guru, bendaharan, dan komite sekolah.. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui peningkatan ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Implementasi Manajemen Perencanaan Program Kerja Sarana Dan Perasaran Pendidikan sebagai berikut: (a) Identifikasi dan Analisis Kebutuhan (b) Menentukan Skala Prioritas (c) Sumber Dana atau Anggaran (d) Pemberian Wewenang. Kedua, Implementasi Perencanaan Pengadaan Barang Bergerak Dan Barang Tidak Bergerak, yaitu: (a) Penyusunan Daftar Kebutuhan (b) Estimasi Biaya (c) Penyusunan Skala Prioritas (d) Penyusunan Perencanaan Pengadaan (e) Tanah dan (f) Bangunan.
Tidak tersedia versi lain