Text
KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH / MADRASAH DI MA MATSARATUL HUDA PANEMPAN PAMEKASAN
Imam Fauzi, 2018, “Keterlibatan Orangtua Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah/ Madrasah Di MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan, Skripsi, Manjemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha M. Pd. I
Kata Kunci : Keterlibatan Orangtua, Manajemen Berbasis Sekolah/ Madrasah
Keterlibatan Orangtua Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah/ Madrasah merupakan intervensi orangtua dalam mendidik anak sehingga ada kesamaan antara guru disekolah dengan orangtua siswa dirumah, sehingga hubungan sekolah dengan orangtua siswa terjalin dengan harmonis.
Masalah yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini adalah; 1) bagaimana bentuk keterlibatan orangtua dalam implementasi manajemen berbasis sekolah/ Madrasah di MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan?. 2) faktor apa saja yang menjadi hambatan Keterlibatan orangtua dalam implementasi manajemen berbasis sekolah/ Madrasah di MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk Mendeskripsikan bentuk keterlibatan orangtua dalam implementasi manajemen berbasis sekolah/ Madrasah di MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. 2) Untuk Mendeskripsikan faktor apa saja yang menjadi hambatan Keterlibatan orangtua dalam implementasi manajemen berbasis sekolah/ Madrasah di MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan.
Dalam penelitian ini lokasi yang diambil adalah MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber datanya adalah kepala sekolah, guru, dan orangtua siswa. Analisis data menggunakan pengecekan, pengorganisasian, dan pengkodean. Dan untuk memperkuat hasil penelitian ini dilakukan ketekunan pengamatan, triagulasi, dan uraian rinci.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, bagaimana bentuk keterlibatan orangtua dalam implementasi manajemen berbasis sekolah/ Madrasah ini yaitu ada tujuh bentuk: 1) Mengadakan pertemuan dengan orangtua di awal tahun pelajaran, khususnya di hari penerimaan anak didik baru, 2) Mengadakan surat-menyurat antara sekolah dan keluarga, 3) Menyampaikan prestasi belajar anak didik dalam bentuk buku rapot, 4) Mengadakan buku penghubung akhlak anak didik, 5) Mengunjungi orangtua peserta didik, 6) Mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan dan yang dihadiri oleh para orangtua, 7) Membentuk perkumpulan orangtua, seperti komite sekolah. Kedua, faktor apa saja yang menjadi hambatan Keterlibatan orangtua dalam implementasi manajemen berbasis sekolah/ Madrasah yaitu: 1) faktor internal, 2) faktor eksternal.
Tidak tersedia versi lain