Text
PENGARUH FASILITAS LAYANAN KARTU SIBIJAK TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA DI KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH BAITUL MAAL WA AT-TAMWIL NUANSA UMAT CABANG UTAMA GAPURA SUMENEP
Sofiyatul Baridah, 2018, Pengaruh Fasilitas Layanan Kartu SIBIJAK Terhadap Kepuasan Anggota di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Maal Wa At-Tamwil Nuansa Umat Cabang Utama Gapura Sumenep, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Lely Shofa Imama, M.S.I.
Kata Kunci : Fasilitas Layanan, Kepuasan
Fasilitas Layanan adalah salah satu kata kunci untuk mencapai kepuasan anggotanya. KSPPS BMT NU Cabang Utama di tuntut untuk memenuhi kepuasan anggotanya dengan menggunakan Kartu SIBIJAK. Perkembangan dan persaingan lembaga keuangan yang berbasis syariah mulai bermunculan akan berdampak bagaimana kenyamanan dan kepuasan anggota sehingga KSPPS BMT NU Cabang Utama Gapura dituntut untuk bisa memuaskan anggotanya dalam artian jumlah anggota akan bertambah dan menjadi loyal. Dari hal tersebut menghasilkan pertanyaan besar yaitu adakah pengaruh Fasilitas Layanan Kartu SIBIJAK Terhadap Kepuasan Anggota di KSPPS BMT NU Cabang Utama Gapura Sumenep.
Untuk menjawab permasalahan diatas, peneliti menggunakan pendekatan Kuantitatif melalui instrumen angket yang disebarkan kepada responden. Untuk selanjutnya diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 20 for windows untuk menguji hipotesis berdasarkan uji validitas, reabilitas, uji asumsi klasik, dan terakhir uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian koefisien regresi linier sederhana menunjukkan bahwa Fasilitas Layanan Kartu SIBIJAK berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan Anggota di KSPPS BMT NU Cabang Utama Gapura. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung untuk Fasilitas Layanan diperoleh sebesar 2,017 > t tabel 1,972 taraf signifikan 0,044 < 0,05, maka Ha diterima, artinya Fasilitas Layanan Kartu SIBIJAK berpengaruh terhadap kepuasan Anggota. Serta koefisien determinasi duketahui R Square 0,012 atau 1,2% yang berarti bahwa variabel independen (Fasilitas Layanan Kartu SIBIJAK) mampu menjelaskan variabel dependen (Kepuasan Anggota) sebesar 1,2% sedangkan sisanya (100% - 1,2% = 98,8%) dipengaruhi oleh variabel – variabel lain yang tidak diperhitungkan dalam analisis penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain