Text
IMPLEMENTASI BAURAN PROMOSI (PROMOTION MIX) PADA PENINGKATAN JUMLAH PENGUNJUNG DAN MINAT BACA DI PERPUSTAKAAN UMUM PAMEKASAN
ABSTRAK
Tio Marta Dinata’2018, Implementasi Bauran Promosi (Promotion Mix) pada Peningkatan Jumlah Pengunjung dan Minat Baca di Perpustakaan Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah.
Pembimbing : Dr. H. Mohammad Muchlis Solichin, M. Ag
Kata Kunci : Bauran Promosi, Jumlah Pengunjung, Minat Baca
Secara definitif promotion mix adalah mekanisme komonikasi persuasif pemasaran dengan memanfaatkan tehnik-tehnik hubungan masyarakat. Promosi perpustakaan merupakan forum pertukaran informasi antara organisasi perpustakaan dan pemakai dengan tujuan utama memberi informasi tentang produk atau jasa yang disediakan oleh organisasi perpustakaan, sekaligus membujuk konsumen/pemakai pepustakaan untuk bereaksi terhadap produk atau jasa perpustakaan. Promosi berfungsi sebagai sarana atau alat untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa dari suatu organisasi kepada konsumen agar produk tersebut dikenal oleh masyarakat. Adapun fokus penelitian ini adalah Bagaimana penerapan bauran promosi(Promotion Mix) pada peningkatan jumlah pengunjung dan minat baca di perpustakaan umum dan Faktor apa saja yang mendukung bauran promosi (Promotion Mix) pada peningkatan jumlah pengunjung dan minat baca di perpustakaan umum.
Secara metodelogis, peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif, dan peneliti merupakan subyek utama dalam penelitian ini, sedangkan teknik pengumpulan data-data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi, sumber data dalam penelitian ini adalah kepala perpustakkan, dan para staf sumber data pendukung dalam penelitian ini adalah jumlah pengunjung, dan data lainnya. Sedangkan teknik pengumpulan data yang di gunakan peneliti adalah analisis non statistik dan tahapan analisisnya meliputi reduksi data, penyajian data, dan verivikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan bauran promosi (Promotion Mix) pada peningatan jumlag pengunjung dan minat baca di perpustakaan umum pamekasan berupa adanya event, pameran buku, serta perpustakaan keliling yang dilakukaan untuk menarik minat pengunjung dan minat baca. Dari penerapan bauran promosi (Promotion Mix) pada peningatan jumlag pengunjung dan minat baca di perpustakaan umum pamekasan terbukti mampu meningkatkan jumlah pengunjung yang awalnya hanya 500san orang pertahun menjadi beribu-ribu orang Dan minat baca dari kalangan anak kecil, remaja, dewasa, bapak-bapak dan ibuk-ibuk meningkat dibuktikan dengan banyaknya koleksi perpustakaan yang terkadang dipinjam sedangkan faktornya berupa Fator yang mendukung bauran promosi (Promotion Mix) pada peningkatan jumlah pengunjung dan minat baca di perpustakaan umum pamekasan yaitu keteserdiaan dana, tempat yang strategis, sumber daya manusia yang memadai produk yang ditawarkan baik seperti koleksi yang lengkap. Faktor yang mendukung bauran promosi (Promotion Mix) pada peningkatan jumlah pengunjung dan minat baca di perpustakaan umum pamekasan berjalan dengan baik sehingga jumlah pengunujung meningkat serta minat bacanya meningkat juga.
Tidak tersedia versi lain