Text
KOMPETENSI TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENGELOLA SUMBANGAN PEMBINAAN PENDIDIKAN (SPP) DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) SAMPANG
ABSTRAK
Solihul Ibad, 2018, Kompetensi Tenaga Kependidikan Dalam Mengelola Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) Sampang, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Dr. R. Agoes Kamaroellah, M.Si
Kata Kunci : Kompetensi tenaga kependidikan, Mengelola SPP
Dengan adanya sumber daya yang baik, maka kompetensi yang baik akan tercipta, sehingga kinerja yang baik pula akan ikut serta dalam organisasi tersebut. Kompetensi sangat diperlukan dalam setiap proses sumber daya manusia, seleksi karyawan manajemen kinerja, perencanaan, dan sebagainya. Semakin banyak kompetensi di pertimbangkan dalam proses sumber daya manusia akan semakin meningkatkan budaya organisasi serta kinerja organisasi yang baik.
Kepala Madrasah memiliki peran yang kuat dalam mengkoordinasikan, menggerakkan dan menyerasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia di sekolah melalui kompetensi tenaga kependidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang kompetensi tenaga kependidikan dalam mengelola sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sampang. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Ketua Tata Usaha, Staf Tata Usaha Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sampang. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi yang di yang digunakan kepribadian jujur, berintelektual, dan sosial.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Apa saja kompetensi yang harus dimiliki oleh tenaga kependidikan dalam mengelola sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) di Madrasah Aliyah Negeri Sampang; kedua, Bagaimana penerapan kompetensi tenaga kependidikan dalam mengelola sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) di Madrasah Aliyah Negeri Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti Ketua Tata Usaha, Staf Tata Usaha Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sampang. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui derajat kepercayaan (credibility).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, kompetensi yang harus dimiliki oleh tenaga kependidikan dalam mengelola sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) di Madrasah Aliyah Negeri Sampang menggunakan kompetensi kepribadian jujur, berintelektual, dan sosial. Kedua, penerapan kompetensi tenaga kependidikan dalam mengelola sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) di Madrasah Aliyah Negeri Sampang yaitu adanya keterlibatan antara kepala madrasah, ketua tata usaha dan staf tata usaha.
Tidak tersedia versi lain