Text
PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR SISWA DALAM BELAJAR Al-QUR’AN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HASAN PADEMAWU PAMEKASAN
ABSTRAK
Fina Khairal Layali 2018, Peran Guru sebagai Motivator Siswa dalam Belajar Al-Qur’an Hadits di MI Nurul Hasan Pademawu Pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri, pembimbing: Dr. H. Nor Hasan, M.Ag.
Kata kunci: Motivator, dan Belajar
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu, 1. bagaimana cara guru meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hasan Pademawu Pamekasan, 2. Apa saja faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hasan Pademawu Pamekasan
Adapun tujuan pokok yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Pertama, untuk mendeskripsikan cara yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi siswa untuk belajar Al-Qur’an Hadits di MI Nurul Hasan Pademawu Pamekasan, Kedua, untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di MI Nurul Hasan Pademawu Pamekasan.
Lokasi penelitian di MI Nurul Hasan Pademawu Pamekasan. dengan pendekatan penelitian kualitatif, data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis kualitatif deskriptif. Pendekatan pengecekan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) cara guru meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hasan Pademawu Pamekasan, para guru memberikan memberikan pujian dan hadiah pada siswa yang bisa menghafal surah-surah pendek dengan baik dan lancar, dan memberi hukuman kepada siswa yang tidak menghafalkannya. (2) faktor yang mempengaruhi motivasi belajar di MI Nurul Hasan Pademawu Pamekasan, diantaranya dari lingkungan sekolah, yang meliputi guru, kepala sekolah, dan juga karyawan-karyawan lainnya, serta keakraban keluarga terhadap siswa.
Tidak tersedia versi lain