Text
USAHA GURU DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BACA AL-QUR’AN DI MTs MIFTAHUL QULUB TARO’AN KECAMATAN TLANAKAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Muhaimin, 2018. Usaha Guru Dalam Meningkatkan Pembelajaran Baca Al-Qur’an Di MTs Miftahul Qulub Taro’an Kecamatan Tlanakan Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Dosen Pembimbing: Dr. H. Nor Hasan, M.Ag.
Kata Kunci: Guru, Pembelajaran, Baca al Qur’an
Madrasah Tsanawiyah Miftahul Qulub merupakan lembaga pendidikan Islam yang berharap outputnya dalam kehidupan masing-masing memiliki kemampuan membaca al Qur’an dengan fasikh dan memahami makna yang terkadung di dalam al Qur’an, selain itu memiliki karakter yang berkepribadian muslim. Akan tetapi dalam pembelajarannya masih mengalami berbagai problem, misalnya masih terdapat banyak siswa di madrasah tersebut yang belum bisa membaca al-Qur’an secara baik dan benar (sesuai ilmu tajwid). Keadaan tersebut tentunya menjadi masalah tersendiri bagi guru bidang studi Qur’an Hadits dalam pembelajaran yang dilakukan di kelas.
Fokus dalam penelitian ini yaitu: a) Bagaimana kegiatan pembelajaran baca Al-Qur’an di MTs Miftahul Qulub Taro’an Kec. Tlanakan Pamekasan, b) Bagaimana usaha guru dalam meningkatkan pembelajaran baca Al-Qur’an di MTs Miftahul Qulub Taro’an Kec. Tlanakan Pamekasan, c) Bagaimana hasil dari usaha guru dalam meningkatkan pembelajaran baca Al-Qur’an di MTs Miftahul Qulub Taro’an Kec. Tlanakan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah fenomenologis, artinya penulis memaparkan tentang fenomena-fenomena dari perilaku subjek penelitian yang diamati. Sumber data dalam penelitian ini adalah adalah kepala sekolah, guru bidang studi al Quran Hadits dan siswa MTs Miftahul Qulub Taro’an Kec. Tlanakan Pamekasan. Adapun prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama Kegiatan pembelajaran baca Al-Qur’an di MTs Miftahul Qulub Taro’an Kec. Tlanakan Pamekasan yaitu a) Siswa membaca al Qur’an secara individu atau kelompok sesuai dengan tajwid, b) Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca teks Bahasa Arab dalam bentuk percakapan, c) Guru menggunakan metode tartil, d) Guru menggunakan metode Qiroati. Kedua Usaha guru dalam meningkatkan pembelajaran baca Al-Qur’an di MTs Miftahul Qulub Taro’an Kec. Tlanakan Pamekasan adalah a) Menghafalkan surat-surat juz 30 setiap minggu, b) Bimbingan dan asuhan dalam bentuk sorogan, c) Membaca ayat-ayat Juz Amma di kelas, d) Penggunaan media proyektor. Ketiga Hasil dari usaha guru dalam meningkatkan pembelajaran baca Al-Qur’an di MTs Miftahul Qulub Taro’an Kec. Tlanakan Pamekasan adalah a) Siswa dapat membaca al Qur’an dengan baik dan benar, b) Siswa dapat mengafal juz 30, c) Sebagian kecil dari siswa mampu memahami makna dan kandungan arti dari ayat yang dibaca.
Tidak tersedia versi lain