Text
PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI SMP AL FAQIH SUMBER NYAMPLONG KOWEL PAMEKASAN
ABSTRAK
Abdus Salam, 2018. Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SMP Al Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Dosen Pembimbing: Drs. H. Saiful Arif, M. Pd.
Kata Kunci: Kepala sekolah, Supervisor, Kompetensi, Guru
Fokus dalam penelitian ini yaitu: a) bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor di SMP Al Faqih Somber Kowel Pamekasan, b) bagaimana kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi guru di SMP Al Faqih Kowel Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah eksploratif. Sumber data dalam penelitian ini adalah adalah kepala sekolah, guru, staf tata usaha dan siswa SMP Al Faqih. Adapun prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam melakukan pengecekan keabsahan data langkah-langkah yang ditempuh adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Adapun tahap-tahap dalam penelitian ini adalah tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama Peran kepala sekolah sebagai supervisor di SMP Al Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan yaitu a) Kepala sekolah mengadakan diskusi dengan dewan guru ketika mengalami permasalahan dalam kegiatan belajar mengajar, b) Kepala sekolah melakukan kunjungan kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung untuk mengetahui efektifitas proses belajar mengajar, c) Waktu pelaksanaan supervisi tanpa direncanakan terlebih dahulu oleh kepala sekolah disesuaikan dengan waktu luang dan kesempatan serta juga agar terkesan alami, d) Kepala sekolah melibatkan guru dalam membuat tim kerja yang solid untuk menjaga budaya kerja sama dan kekeluargaan, e) Kepala sekolah memberikan saran, arahan juga membimbing kepada guru dalam memahami masalah-masalah yang dialami murid, f) Kepala sekolah membantu guru melalui pengarahan, ide dan solusi yang lebih baik dalam memperoleh strategi belajar mengajar yang efektif, g) Kepala sekolah membantu guru dalam menambah wawasan dan pengalaman mengajar melalui kegiatan penataran, MGMP dan seminar. Kedua Kendala kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi guru di SMP Al Faqih Kowel Pamekasan yaitu a) Guru kurang disiplin datang tepat waktu ketika masuk sekolah, b) Kepala sekolah dan guru tidak mengembangkan potensi guru, karena berada di lingkungan pesantren, sehingga waktu yang ada lebih dikedepankan program-program pesantren, c) Sebagian tenaga pengajar tidak memiliki kualifikasi ijazah yang sesuai dengan bidang yang diampunya, d) Terkadang guru lalai dalam melaksanakan tugas yang telah disepakati dan lebih mementingkan pekerjaan yang sifatnya pribadi, e) Pemberian gaji guru honorer yang tidak sesuai dengan kewajiban yang telah dilaksanakan.
Tidak tersedia versi lain