Text
PERANAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN HUBUNGAN DENGAN MASYARAKAT DI MTS AR RAHMAH DESA PLAKPAK KECAMATAN PAGANTENAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Lukmanul Hakim, 2018. Peranan Kepala Madrasah Sebagai Manajer dalam Meningkatkan Hubungan Dengan Masyarakat di MTs Ar Rohmah Desa Plakpak Kecamatan Pagantenan Pamekasan, Skripsi, Prodi PAI, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Dr. H. Moh. Muchlis Solichin, M. Ag.
Kata kunci: Kepala Madrasah Sebagai Manajer, Hubungan dengan Masyarakat
Dalam penelitian ini ada beberapa hal yang menjadi fokus penelitian yaitu Pertama Bagaimana peranan kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan hubungan dengan masyarakat di MTs Ar Rohmah Desa Plakpak Kecamatan Pagantenan Pamekasan dan Kedua Apa faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan hubungan dengan masyarakat di MTs Ar Rohmah Desa Plakpak Kecamatan Pagantenan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis eksploratif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala madrasah, guru dan beberapa masyarakat. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, uraian rinci dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama peranan kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan hubungan dengan masyarakat di MTs Ar Rohmah Desa Plakpak Pagantenan Pamekasan yaitu sebagai berikut; a) Kepala Madrasah dan kepala bidang humas melibatkan masyarakat dalam mengembangkan program madrasah, seperti program baca kitab, pengembangan komunikasi bahasa arab dan program-program olah raga, b) Kepala Madrasah mengadakan rapat secara rutin dengan orang tua, wali murid dan masyarakat sekitar, c) Kepala Madrasah mengadakan kunjungan rumah untuk memecahkan masalah, d) Kepala Madrasah memberdayakan komite sekolah dalam melaksanakan kebijakan madrasah, e) Kepala Madrasah memimpin lembaga dengan gaya demokratis. Kedua faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan hubungan dengan masyarakat di MTs Ar Rohmah Desa Plakpak Pagantenan Pamekasan yaitu; a) faktor pendukungnya yaitu; (1) Adanya respon positif masyarakat terhadap program-program madrasah, (2) Adanya dukungan baik secara finansial, pendapat dan tenaga yang diperlukan bagi pengembangan madrasah, (3) Dapat memperkaya dan memperluas program madrasah sesuai dengan perkembangan kebutuhan masayarakat. b) Faktor penghambatnya yaitu; (1) Masalah dana yang harus dikeluarkan dalam setiap melaksanakan program-program madrasah, (2) Memerlukan tanggung jawab guru dan madrasah atas kelancaran program yang dilaksanakan, (3) Kinerja komite madrasah masih belum optimal.
ABSTRAK
Lukmanul Hakim, 2018. Peranan Kepala Madrasah Sebagai Manajer dalam Meningkatkan Hubungan Dengan Masyarakat di MTs Ar Rohmah Desa Plakpak Kecamatan Pagantenan Pamekasan, Skripsi, Prodi PAI, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Dr. H. Moh. Muchlis Solichin, M. Ag.
Kata kunci: Kepala Madrasah Sebagai Manajer, Hubungan dengan Masyarakat
Dalam penelitian ini ada beberapa hal yang menjadi fokus penelitian yaitu Pertama Bagaimana peranan kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan hubungan dengan masyarakat di MTs Ar Rohmah Desa Plakpak Kecamatan Pagantenan Pamekasan dan Kedua Apa faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan hubungan dengan masyarakat di MTs Ar Rohmah Desa Plakpak Kecamatan Pagantenan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis eksploratif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala madrasah, guru dan beberapa masyarakat. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, uraian rinci dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama peranan kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan hubungan dengan masyarakat di MTs Ar Rohmah Desa Plakpak Pagantenan Pamekasan yaitu sebagai berikut; a) Kepala Madrasah dan kepala bidang humas melibatkan masyarakat dalam mengembangkan program madrasah, seperti program baca kitab, pengembangan komunikasi bahasa arab dan program-program olah raga, b) Kepala Madrasah mengadakan rapat secara rutin dengan orang tua, wali murid dan masyarakat sekitar, c) Kepala Madrasah mengadakan kunjungan rumah untuk memecahkan masalah, d) Kepala Madrasah memberdayakan komite sekolah dalam melaksanakan kebijakan madrasah, e) Kepala Madrasah memimpin lembaga dengan gaya demokratis. Kedua faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan hubungan dengan masyarakat di MTs Ar Rohmah Desa Plakpak Pagantenan Pamekasan yaitu; a) faktor pendukungnya yaitu; (1) Adanya respon positif masyarakat terhadap program-program madrasah, (2) Adanya dukungan baik secara finansial, pendapat dan tenaga yang diperlukan bagi pengembangan madrasah, (3) Dapat memperkaya dan memperluas program madrasah sesuai dengan perkembangan kebutuhan masayarakat. b) Faktor penghambatnya yaitu; (1) Masalah dana yang harus dikeluarkan dalam setiap melaksanakan program-program madrasah, (2) Memerlukan tanggung jawab guru dan madrasah atas kelancaran program yang dilaksanakan, (3) Kinerja komite madrasah masih belum optimal.
Tidak tersedia versi lain