Text
STRATEGI KEPALA MADRASAH SEBAGAI ADMINISTRATOR PENDIDIKAN DALAM PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI MTS NAZHATUT THULLAB DESA PRAJJAN KECAMATAN CAMPLONG KABUPATEN SAMPANG
ABSTRAK
Masluhatul Khoiriyah, 2018. Strategi Kepala Madrasah Sebagai Administrator dalam Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan di MTs Nazhatut Thullab Desa Prajjan Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang, Skripsi, Program Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Dr. R. Agoes Kamaroellah, M. Si.
Kata Kunci : Strategi, Administrator Pendidikan, Pengelolaan Pembiayaan
Kepala madrasah sebagai administrator memiliki hubungan yang sangat erat dengan berbagai aktifitas pengelolaan adminisrasi yang bersifat pencatatan, penyusunan, pendokumenan seluruh program madrasah. Secara spesifik, kepala madrasah harus memiliki kemampuan untuk mengelola kurikulum, mengelola administrasi peserta didik, mengelola administrasi sarana dan prasarana, mengelola administrasi personalia, mengelola administrasi keuangan dan mengelola administrasi kearsipan. Kegiatan tersebut perlu dilakukan secara efektif dan efesien agar dapat menunjang produktifitas madrasah Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan, yaitu: pertama, Bagaimana strategi kepala madrasah sebagai administrator dalam pengelolaan pembiayaan pendidikan di MTs Nazhatut Thullab.; kedua, Bagaimana pengelolaan pembiayaan pendidikan di MTs Nazhatut Thullab. Dan ketiga, faktor apa saja yang mempengaruhi pembiayaan pendidikan di MTs Nazhatut Thullab.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Madrasah dan guru. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, ketekunan pengamatan, triangulasi dan metode analisis data negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, strategi perencanaan yang ada di MTs Nazhatut Thullab, berupa perencanaan mengenai analisis kebutuhan MTs, biasanya berisi tentang proyeksi pertimbangan finansial. Kedua, pengelolaan keuangan di MTs Nazhatut Thullab meliputi, perencanaan finansial (Keuangan) dan kegiatan pengkoordinasian semua Sumber Daya Manusia yang tersedia agar mencapai sasaran yang ditetapkan yang diinginkan secara sistematis tanpa menyebabkan kerugian. Ketiga, evaluasi yaitu proses penilaian terhadap pencapaian tujuan. MTs Nazhatut Thullab yang mempengaruhi pembiayaan pendidikan yaitu tentunya kenaikan harga ini biasanya disebabkan oleh kebutuhan-kebutuhan di MTs yang tidak terduga dan diluar rencana, yang mana Sumber dana diperoleh dari yayasan, donatur dan BOS.
Tidak tersedia versi lain